Maba UGM disambut secara virtual
Mahasiswa baru UGM disambut secara virtual

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2020 resmi dibuka Senin, 7 September 2020. Dalam PPSMB yang pada tahun ini digelar secara daring di tengah pandemi Covid-19, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan orasi kebangsaan, sekaligus menyambut 9.068 mahasiswa baru UGM Program Sarjana dan Sarjana Terapan.

 

“Selamat menjadi Gadjah Mada muda. Saya tahu perjuangan untuk diterima di perguruan tinggi ternama itu tidak mudah, ada persaingan ketat, dan saudara-saudara adalah orang-orang terpilih,”.

 

“Selamat menjadi Gadjah Mada muda. Saya tahu perjuangan untuk diterima di perguruan tinggi ternama itu tidak mudah, ada persaingan ketat, dan saudara-saudara adalah orang-orang terpilih,”. Kepada para peserta PPSMB, ia menyampaikan status sebagai mahasiswa dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi ternama adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar, untuk membangun kepemimpinan, serta untuk mempersiapkan masa depan.

 

Ia mengingat saat ia sendiri diterima sebagai mahasiswa baru di UGM empat puluh tahun yang lalu. Kesempatan manjadi mahasiswa, terangnya, membuka kesempatan luas untuk memperkokoh ke-Indonesiaan melalui pertemanan dengan orang-orang dari seluruh pelosok tanah air Indonesia yang berbeda suku, agama, adat dan tradisi, tapi tetap merasa satu, yaitu Indonesia.

 

Pada tahun ini, UGM menerima 7.927 mahasiswa Program Sarjana dan 1.141 mahasiswa Program Diploma Empat/Sarjana Terapan dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari jumlah yang diterima, terdapat 22,27 persen mahasiswa penerima bantuan KIP-K.

 

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng IPU ASEAN Eng memaparkan PPSMB tahun ini mengusung tema ‘Gemilang Budaya, Songsong Dunia’,  selaras visi dan jati diri UGM. Dengan tema ini diharapkan rangkaian PPSMB memberikan bekal dan menjadi awal dari langkah para mahasiswa baru agar dalam bekerja dan menciptakan karya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia, selalu berpegang pada akar budaya bangsa. (*)

 

PPSMB UGM Digelar Secara Daring
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *