Ilustrasi
Ilustrasi

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai wujud dari pengabdian masyarakat di semester Genap TA 2019/2020, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diketuai Dr Triana Noor Edwina DS MSi Psikolog  menyelenggarakan acara dengan tema ‘PKM Psikoedukasi Dan Literasi Digital Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak’.

 

Tim PKM ini terdiri dari Dr Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto MSi Psikolog (Ketua Pengabdian), Arita Witanti ST MT dan Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog (anggota). Tim PKM bekerja sama dengan PAUD Bintang- Bintang Sedayu. Tempat ini menyediakan layanan berupa pendidikan Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak, dan Pendidikan Anak Usia Dini.

 

“Ada 60 anak yang belajar di PAUD Bintang-Bintang dan didampingi oleh 14 guru PAUD. Materi pengabdian kedua yang disampaikan adalah Dongeng: Media Pengajaran Manajemen Emosi. Pada Anak Usia Dini, dengan pembicara Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog. Acara ini diselenggarakan secara online yaitu Pertemuan Pengabdian via WhatsApp pada hari Sabtu (22/08/2020) mulai pukul 15.00 – 17.00 WIB,”

 

“Ada 60 anak yang belajar di PAUD Bintang-Bintang dan didampingi oleh 14 guru PAUD. Materi pengabdian kedua yang disampaikan adalah Dongeng: Media Pengajaran Manajemen Emosi. Pada Anak Usia Dini, dengan pembicara Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog. Acara ini diselenggarakan secara online yaitu Pertemuan Pengabdian via WhatsApp pada hari Sabtu (22/08/2020) mulai pukul 15.00 – 17.00 WIB,” ungkap Triana Noor Edwina DS.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 27 Agustus 2020,  acara ini diikuti 15 guru dan wali murid PAUD Bintang-Bintang. Acara ini dimoderatori oleh Rakasimpa, mahasiswa Program Studi Psikologi UMBY. Materi yang disampaikan berkaitan dengan masa Pandemi COVID-19 membuat banyak hal di sekitar kita yang berubah, mulai dari perubahan suasana hingga perubahan mental pada anggota keluarga.

 

Dikatakan, kondisi yang sulit ini tentu menjadi rentan bagi kondisi psikologis anak. Beberapa perubahan perilaku pada anak menjadi salah satu alarm terkait dengan keadaan mental mereka. Ekspresi cemas dan stress anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Kondisi stress dan cemas yang mereka rasakan biasanya ditandai dengan adanya perubahan pola perilaku, seperti mudah marah, rewel sampai gangguan pola makan dan tidur . (*)

 

Literasi Digital Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *