Angkat Kearifan Lokal, UMBY Loloskan 2 Proposal PHP2D Dikti  

HumanioraEDU NewsLINE
Salah satu fasilitas gedung yang dimiliki UMBY.
Salah satu fasilitas gedung perkuliahan representatif yang dimiliki UMBY.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dua kelompok mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil lolos program, serta didanai dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

 

“Ini membuktikan jika mahasiswa UMBY semakin mampu menunjukkan prestasi dan kemampuannya untuk bersaing dengan kampus  lain di tingkat nasional, apalagi setelah melihat yang dinyatakan lolos  ternyata dari kampus-kampus ternama dari PTN dan PTS seluruh Indonesia,” 

 

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMBY Nur Fachmi Budi Setyawan SPsi MPsi Psikolog  mengucapkan syukur dan kebanggaannya terhadap prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa UMBY ini. “Ini membuktikan jika mahasiswa UMBY semakin mampu menunjukkan prestasi dan kemampuannya untuk bersaing dengan kampus  lain di tingkat nasional, apalagi setelah melihat yang dinyatakan lolos  ternyata dari kampus-kampus ternama dari PTN dan PTS seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

Kepala Humas UMBY, Widarta SE MM, Selasa, 11 Agustus 2020, menyataan, dengan mengusung tema kearifan lokal di sekitar masyarakat Kecamatan Sedayu Bantul, ternyata mahasiswa UMBY mampu  berprestasi di tingkat nasional. Bahkan, mereka  dinyatakan lolos setelah bersaing dengan  kampus dari seluruh Indonesia. Program ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan, termasuk bagi UMBY.

 

Dua proposal mahasiswa UMBY yang lolos, masing-masing berjudul ‘Optimalisasi wisata Jogja Youth Farming sebagai tempat edukasi guna mewujudkan kemandirian pangan di Desa Argomulyo Bantul’ yang  diketuai oleh Azmi Muhammad Sulhan. Serta  judul yang kedua yaitu ‘Pengembangan Eduekowisata melalui system Agroforestry sebagai multy problem solution di Desa Argorejo Sedayu Bantul’ yang diketuai oleh Hijab Ali Sojana.

 

Widarta menambahkan, bagi UMBY, keberhasilan dalam PHP2D Dirjen Dikti Kemndikbud ini bukan kali pertama, namun sudah ketiga kali secara berturutan. “Memang untuk PHP2D  kali ini untuk tahun ketiga secara berturutun, dan tahun ini dengan dua judul yang didanai, ini merupakan prestasi luar biasa. Di UMBY banyak program-program lainnya baik yang melibatkan dosen dan mahasiswa yang seringkali  lolos di DIKTI,” paparnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *