Peduli Kesehatan, Bagi-bagi Masker sampai Faceshield  

Aksi sosial mahasiswa peserta KKN UMBY.
Aksi sosial mahasiswa peserta KKN UMBY.

Siarpedia.com, Bantul – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus berkiprah nyata dengan menerjunkan mahasiswanya yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam masa pandemi Covid-19. Mengandeng organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) MER-C, mahasiswa peserta KKN UMBY membagi-bagikan masker dan faceshield kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

“Dalam kegiatan ini, para mahasiswa bekerja sama dengan LSM Mer-C Yogyakarta yang membantu memberikan 100 faceshield. Pembagian 400 masker dan 100 faceshield ini dilaksanakan Minggu, 26 Juli 2020. Harapannya, pembagian masker dan faceshield ini dapat membantu para pedagang dalam menjalankan protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,”

 

“Dalam kegiatan ini, para mahasiswa bekerja sama dengan LSM Mer-C Yogyakarta yang membantu memberikan 100 faceshield. Pembagian 400 masker dan 100 faceshield ini dilaksanakan Minggu, 26 Juli 2020. Harapannya, pembagian masker dan faceshield ini dapat membantu para pedagang dalam menjalankan protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ungkap Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 5 Agustus 2020.

 

Menurutnya, sejak lama, pasar tradisional menjadi tempat berkumpulnya banyak orang sebagai penyokong tulang punggung ekonomi masyarakat. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020 tentang pasar yang beradaptasi dengan kebiasaan baru.

 

“Pada arahan yang pertama dalam SE tersebut, yaitu supaya para pedagang selalu menggunakan masker atau faceshield, serta sarung tangan selama beraktivitas di pasar sesuai anjuran dari pemerintah. Sesuai dari arahan tersebut, Kelompok 121 KKN Tematik UMBY melaksanakan program yang sebelumnnya telah dirancang dan diketahui oleh pihak yang berkepentingan dalam aksi sosial ini,” kata Widarta.

 

Salah satu dari kegiatannya, yaitu membagikan 400 masker dan 100 faceshield kepada para pedagang Paguyuban Ayem Tentrem Pasar Beringharjo Bagian Timur Lantai 2. Menurutnya, sebagai generasi muda, mahasiswa diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat, terutama pada saat menghadapi masa pandemi Covid-19 yang tidak mudah ini.  (*)

 

Peduli Kesehatan, Bagi-bagi Masker sampai Faceshield  
Ditag di:                

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: