Sapi Kurban Pemda DIY Siap Diserahkan  

JogjaLIFE NewsLINE
sapi kurban, ilustrasi
Sapi kurban, ilustrasi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pada Kamis, 30 Juli 2020, di Bangsal Kepatihan, akan diselenggarakan penyerahan sembilan ekor hewan kurban berupa sapi. Perinciannya, dua ekor sapi dari Presiden RI Joko Widodo dan tujuh ekor sapi dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Adapun seluruh hewan kurban ini telah diperiksa oleh tim kesehatan hewan dan dinyatakan bebas dari penyakit.

 

Demikian disampaikan Kabag Rumah Tangga Biro UHP Setda DIY Mujiran di sela Rapat Koordinasi Persiapan Penyerahan Hewan Kurban, Senin, 27 Juli 2020, di ruang rapat Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY.  Mujiran menambahkan, sebagaimana tahun-tahun yang lalu, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY menjelang Hari Raya Idhul Adha akan menyerahkan hewan korban berupa tujuh ekor sapi kepada sejumlah masjid di DIY.

 

“Dari tujuh ekor tersebut, dua ekor di antaranya akan diserahkan kepada Masjid Gedhe Yogyakarta dan Masjid Pura Pakualaman. Sementara lima sapi lainnya diserahkan kepada masjid lain dengan rincian: Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakata; Masjid Al-Barokah, Pedukuhan Jatisari, Prambanan; Masjid Al-Amin, Pengasih, Kulon Progo; Masjid Nurul  Huda, Dlingo, Bantul; dan Masjid Al-Muttaqin, Gedangsari, Gunungkidul,”

 

“Dari tujuh ekor tersebut, dua ekor di antaranya akan diserahkan kepada Masjid Gedhe Yogyakarta dan Masjid Pura Pakualaman. Sementara lima sapi lainnya diserahkan kepada masjid lain dengan rincian: Masjid Diponegoro Balaikota Yogyakata; Masjid Al-Barokah, Pedukuhan Jatisari, Prambanan; Masjid Al-Amin, Pengasih, Kulon Progo; Masjid Nurul  Huda, Dlingo, Bantul; dan Masjid Al-Muttaqin, Gedangsari, Gunungkidul,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan tersebut, akan diserahkan pula dua ekor hewan kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo dengan masing-masing berharga Rp 87 juta dengan berat 1 ton. Dua ekor sapi ini akan diserahkan untuk Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta dan Masjid Al Iman, Pedukuhan  Paras, Kelurahan  Banjar Asri, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

 

Harapan dari Presiden dan Gubernur DIY kepada takmir masjid agar dapat menerima bantuan hewan kurban tersebut dan menyalurkannya dengan baik serta amanah sehingga esensi dari Idul Adha dapat tercapai. Apalagi pada saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, diharapkan juga bantuan hewan kurban ini ini mampu membantu masyarakat terhadap kebutuhan protein hewani. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *