Narasumber saat pemaparan materi.
Narasumber saat pemaparan materi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sejak kemunculan Covid-19 di Indonesia telah berdampak pada perekonomian.  Kekacauan ekonomi akibat pandemic Covid-19 menyebaban perubahan besar terhadap perilaku konsumen. Sejak Juni 2020 Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Indonesia New Normal sebagai salah satu strategi pemerintah dalam menangani pandemic Covid-19 yang berfokus apda aspek kesehatan dan aspek ekonomi.

 

“Kebijakan Indonesia New Normal secara tidak langsung mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan – kebiasaan baru dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Namun tidak hanya gaya hidup sehat saja yang perlu diperhatikan, gaya hidup secara finansial juga harus diperhatikan,” ujar Dosen Prodi Manajemen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Eno Casmi MBA AWP QWP.

 

Sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Minggu, 19 Juli 2020, Eno Casmi mengatakan hal itu dalam Seminar bertema ‘Smart Money Management Skills for Millennial: How to Manage Your Money in New Normal’. Seminar secara daring ini digagas oleh Prodi Managemen UMBY bersama dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himaj) UMBY.

 

“Selama kita hidup tidak dapat menghilangkan risiko namun hanya bisa memperkecil risiko,”

 

Menurut Eno Casmi, fase Indonesia new normal  perlu diikuti dengan merubah strategi dalam mengatur keuangan pribadi menyesuaikan kebutuhan agar dapat dipenuhi selama menajalani tatanan hidup new normal. Ia pun menyampaikan pentingnya merencanakan keuangan pribadi untuk menghadapi berbagai risiko kehidupan. “Selama kita hidup tidak dapat menghilangkan risiko namun hanya bisa memperkecil risiko,” katanya.

 

Adapun risiko yang dihadapi terbagi menjadi 3, yakni risiko bencana alam (catastrophe), risiko finansial (financial risk), dan risiko hidup (human risk). Untuk bisa memperkecil risiko tersebut mahasiswa dan masyarakat umum perlu untuk membuat rencana keuangan sedini mungkin. Fase mahasiswa merupakan fase yang tepat untuk membiasakan membuat rencana keuangan agar dapat berpikir cerdas memanfaatkan sumber daya yang mereka dapatkan. (*)

 

Perencanaan Keuangan Memasuki Masa New Normal  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *