Suasana launching kampung tangguh bencana.
Suasana launching kampung tangguh nusantara.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kampung Ponggalan, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo mewakili Kota Yogyakarta sebagai pilot project Kampung Tangguh Nusantara setelah dilaunching serentak secara nasional hari ini, Kamis, 9 Juli 2020. Selain Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, launching juga dihadiri langsung Kapolda DIY, Wakapolda DIY, Kapolresta Yogyakarta dan Dandim 0734 Yogyakarta.

 

“Sudah kita saksikan bahwa hari ini di tingkat nasional sudah dicanangkan Kampung Tangguh Nusantara yang dipusatkan di Jakarta dan di DIY kita pusatkan di Kampung Ponggalan Kota Yogyakarta, sekaligus sebagai pilot project di DIY,”

 

“Sudah kita saksikan bahwa hari ini di tingkat nasional sudah dicanangkan Kampung Tangguh Nusantara yang dipusatkan di Jakarta dan di DIY kita pusatkan di Kampung Ponggalan Kota Yogyakarta, sekaligus sebagai pilot project di DIY,” ucap Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso. Kampung Tangguh Nusantara mengandung beberapa hal mulai dari tangguh kesehatan, ekonomi, pendidikan dan informasi.

 

Sehingga kalau kampung sudah tangguh harapannya Kecamatan, Kota hingga Provinsi secara otomatis juga akan tangguh. “Namun Kampung Tangguh Nusantara tidak bisa terlaksana tanpa kerja sama Pemerintah Daerah, Polri, TNI dan seluruh lapisan masyarakat kampung Ponggalan ini,” jelasnya. Ponggalan dinilai sudah memenuhi kriteria Kampung Tangguh Nusantara setelah dilakukan verifikasi tim dari Polresta Yogyakarta pada Juni lalu.

 

Keberhasilan warga melakukan budidaya beragam tanaman, mulai dari sayuran, kelengkeng hingga empon-empon dinilai sebagai modal tangguh ekonomi. Selain itu, keuletan warga menyiapkan sarana cuci tangan di banyak titik, penyemprotan disinfektan secara rutin, menyediakan lokasi isolasi mandiri hingga membentuk tim khusus penanganan jenazah positif Covid-19 sebagai kekuatan tangguh kesehatan.

 

Haryadi Suyuti pun mengapresiasi kerja keras dan gotong royong antar warga di Kampung Ponggalan memang sudah tidak diragukan lagi. Kerja sama tersebut telah membuahkan hasil dengan menjadikan kawasan ini bernilai secara lingkungan, kesehatan, budaya dan ekonomi “Hari ini kita menyaksikan kekompakan masyarakat bersama Pemerintah, TNI dan Polri bahwa daerah Ponggalan ini sekarang sudah berkembang pesat,” tuturnya.  (*)

 

Ponggalan, Pilot Project Kampung Tangguh Nusantara  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *