Sempolan ayam siap santap.
Sempolan ayam siap santap.

LEBARAN 1441 H / 2020 M sudah mendekat. Kuliner dan berbagai menu olahan rumah tetap layak untuk disajikan di hari istimewa, meski banyak hidangan dari pabrik membanjir, seperti aneka kue dan roti yang disukai oleh anak-anak. Salah satu sajian yang tidak kalah enak untuk disantap bersama keluarga, serta bergizi sebagai menu camilan bagi anak di rumah saat perayaan Idul Fitri adalah sempolan ayam. Bahkan, kini sempolan sudah sangat populer di masyarakat.

 

Sejatinya sempolan merupakan jajanan yang dibuat seperti, nugget ayam berbalut telur, yang cukup diminati oleh anak-anak. Daging ayam cincang atau yang digiling, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang dan telur dicampur jadi satu dan dibentuk lonjong, kemudian ditusuk dengan lidi bambu. Sempolan digoreng dan dicocol saus pedas gurih.

 

Harapannya saat merayakan di hari Fitri dengan sajian unik, lezat dan bergizi. Membuatnya pun tidak sulit.  Sediakan bahan  ayam giling, bawang putih haluskan, garam, merica bubuk, gula pasir, putih telur, santan kental instan, tepung sagu, daun bawang, iris halus, tepung sagu untuk taburan, telur untuk pencelup, minyak untuk menggoreng, batang tusuk sate. Untuk bahan saus ada cabai merah keriting, bawang putih, garam, gula pasir, cuka, air, tepung sagu, larutkan dengan air.

 

Cara membuat sempol ayam saus cabai dimulai dengan aduk rata ayam giling, bawang putih, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Tambahkan putih telur. Uleni sambil dibanting-banting hingga tercampur rata. Masukkan santan. Uleni sampai kalis. Tambahkan tepung sagu dan daun bawang. Aduk rata. Ambil sedikit adonan. Kepal-kepal. Tusuk dengan tusukan sate. Kukus di dalam alat pengukus yang sudah dipanaskan di atas api sedang, sampai matang.

 

Kocok lepas telur dan 1/2 sdt garam. Tuang kocokan telur ke dalam minyak. Gulung telur dengan sempol. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Sisihkan. Saus, rebus cabai, dan bawang putih sampai matang. Angkat. Blender bersama airnya. Rebus kembali sampai mendidih. Bubuhi garam, gula pasir dan cuka. Aduk rata. Tuang larutan sagu. Aduk sampai meletup-letup. Sajikan sempol dengan saus.  (*)

 

Sempolan Ayam, Camilan Lezat di Hari Fitri  
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *