Proses penyerahan bantuan.
Proses penyerahan bantuan.

Siarpedia.com, Bantul – Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang terdiri dari dua dosen Ilmu Komunikasi UMY terdiri dari  Dr Filosa Gita Sukmono dan Dr Fajar Junaedi menyerahkan paket pembelajaran online (daring) untuk SD Muhammadiyah Karangturi, Bantul, Senin, 11 Mei 2020. Paket pembelajaran ini terdiri dari satu buah smartTV dan 22 video pembelajaran.

 

Produksi konten video ini dilakukan dengan dukungan UMY melalui skema pengabdian persyarikatan pada bulan Februari dan sudah dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. “Saat menyusun rencana pengabdian di akhir tahun 2019, kami tidak menyangka akan ada pandemi Covid-19. Tujuan kami waktu itu adalah memfasilitasi sekolah dalam penyediaan konten multimedia,” kata Ketua Tim Pengabdian UMY Filosa Gita Sukmono.

 

Dikatakan, untuk video pembelajaran ini bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh SD Muhammadiyah Karangturi, namun sekolah dan guru lain bisa memanfaatkan. Bahkan orang tua siswa juga bisa mengaksesnya untuk pembelajaran di rumah selama pandemi. Diharapkan pasca pandemi Covid-19, video pembelajaran yang ada di Youtube SD Muhammadiyah Karangturi yang beralamat di https://bit.ly/2WnfTFb bisa terus dimanfaatkan.

 

Kepala SD Muhammadiyah Karangturi Indrawasih SPd mengapresiasi dan menyambut positif bantuan tersebut. Diungkapkan pula jika kemitraan dengan UMY melalui program pengabdian masyarakat telah membawa banyak manfaat bagi sekolah. Bahkan, ke depan jalinan kerja sama sekolah dengan kampus bisa ditingkatkan guna pembanguan sumber daya manusia lebih baik.

 

“Dengan perangkat pembelajaran multimedia ini, kami bisa semakin bisa mengembangkan kegiatan pembelajaran lebih menarik bagi siswa secara online,”

 

“Dengan perangkat pembelajaran multimedia ini, kami bisa semakin bisa mengembangkan kegiatan pembelajaran lebih menarik bagi siswa secara online. Apalagi, terjadinya pandemi Covid-19 ini juga menjadikan pembelajaran online secara multimedia mendapatkan peran penting, sehingga adanya bantuan ini sangat membantu bagi pembelajaran di sekolah,” kata Indrawasih. (*)

 

Pandemi Covid-19, Pembelajaran Multimedia Jadi Penting  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *