Apoteker Bantul dan Farmasi UMY Peduli Sesama  

Apoteker Bantul dan Farmasi UMY saat aksi sosial.
Apoteker Bantul dan Farmasi UMY saat aksi sosial.

Siarpedia.com, Bantul – Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Bantul, juga Prodi Farmasi Akbidyo mengadakan program dukungan sejawat tenaga kesehatan di sejumlah tempat di Bantul. Aksi tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap sesama pada masa pandemi Covid-19.

 

Salah satu apoteker peserta aksi apt Ingenida Hadning MSc menyatakan, dalam masa pendemi wabah Covid-19 saat ini, tenaga kesehatan bertindak sebagai garda terakhir dalam penanganan pasien yang terinfeksi virus Corona. Tenaga kesehatan menjadi pihak yang paling rentan dan beresiko tertular virus Corona dari pasien yang ditanganinya. Hal tersebut menggerakkan sisi kemanusiaan apoteker di Bantul untuk mengumpulkan donasi.

 

Dengan dukungan Prodi Farmasi FKIK UMY yang digawangi para dosennya, apt Ingenida Hadning MSc, apt M Fariez Kurniawan MFarm, apt Dyani Primasari S MSc, apt Vella Laili D MFarm, apt Pinasti Utami MSc, apt MT Ghozali MSc, dan apt Dr  Bangunawati Rahajeng MSi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang terjudul ‘Aksi Apoteker Bantul Untuk Mendukung Sejawat Tenaga Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19’.

 

“Dalam kegiatan pengabdian tersebut, para apoteker Bantul membagikan 600 paket untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Bantul. Paket tersebut berisikan vitamin, madu, susu, dan hand sanitizer untuk menjaga kesehatan para tenaga kesehatan. Untuk hand sanitizer kami produksi sendiri atas kerjasama Prodi Farmasi FKIK UMY dan Prodi Farmasi Akbidyo,”

 

“Dalam kegiatan pengabdian tersebut, para apoteker Bantul membagikan 600 paket untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Bantul. Paket tersebut berisikan vitamin, madu, susu, dan hand sanitizer untuk menjaga kesehatan para tenaga kesehatan. Untuk hand sanitizer kami produksi sendiri atas kerjasama Prodi Farmasi FKIK UMY dan Prodi Farmasi Akbidyo,” ujarnya, Jumat, 24 April 2020.

 

Ia menjelaskan, paket tersebut dibagikan ke 4 rumah sakit dan 9 puskesmas di Kabupaten Bantul. Rumah sakit yang memperoleh paket tersebut adalah RS Panembahan Senopati Bantul, RSPAU dr S Hardjolukito, RS PKU Muhammadiyah Bantul, dan RS Santa Elisabeth Bantul. Sedangkan untuk puskesmas yakni Puskesmas Pandak I, Bambanglipuro, Srandakan, Imogiri I, Bantul I, Sedayu I, Banguntapan I, Kasihan I, dan Puskesmas Piyungan.  (*)

 

Apoteker Bantul dan Farmasi UMY Peduli Sesama  
Ditag di:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *