Sate siap santap.
Sate siap santap.

SATE atau satai adalah salah satu kuliner yang banyak dijumpai dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari, juga di Yogyakarta. Terbuat dari irisan daging yang dipotong kecil-kecil. Lalu irisan daging tersebut disusun dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, juga ada tusukan dari jeruji besi. Kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

 

Penyajian sate dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Untuk daging yang dijadikan sate ada  daging ayam, kambing, domba, sapi, kelinci, sampai kuda. Namun, yang memasyarakat dan primadona adalah sate ayam dan kambing. Tiap daerah pun memiliki kekhasannya masing-masing dalam menyajikan kuliner satu ini. Bumbu pendamping sate juga beragam, namun kebanyakan tetap bumbu kecap atau bumbu kacang.

 

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Masakan daging bakar ini juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

 

Begitu populernya sate, tiap daerah di Indonesia juga memiliki jenis beragam dengan aneka bumbu khas masing-masing. Aneka ragam sate dari sate Madura, sate Padang, sate buntel daging kambing cincang dibungkus selaput daging Solo, sate Tegal, sate Pnonorogo, sate lilit Bali, sate kuda, sate telur burung puyuh dan sate usus, sate bebek, sate kelinci, sampai sate kere daging sapi, juga ada sate Klatak Bantul.

 

Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang keliling, kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Tak lupa sate bisa disantap bersama nasi hangat atau lontong atau ketupat. (*)

 

Santap Manis Gurih Sate
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *