Aktivitas pasar tradisional
Aktivitas pasar tradisional.

Siarpedia.com, Bantul – Imbas Coronavirus disease atau Covid 19 bukan masalah kesehatan semata, namun telah berimbas ke semua lini sektor kehidupan masyarakat. Apalagi, adanya sejumlah himbauan dan kebijakan menjadi kehidupan masyarakat ikut terdampak. Masih dalam kondisi pandemi Virus Corona yang menyebar secara masif di Indonesia, termasuk di DIY harus diatasi secara bersama.

 

Kepala Lembaga Peneliatan, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Ir Gatot Supangkat MP menyatakan, saat ini permasalahan sudah berkembang ke berbagai sektor. Kesehatan, sosial dan ekonomi menjadi hal yang perlu ditangani secara cepat dan tepat. Bukan hanya kesehatan, kondisi ekonomi dan sosial juga terdampak karena virus tersebut.

 

“Permasalahan umum yang sering dijumpai di masyarakat, yakni pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Permasalahan ekonomi seringkali mengakibatkan permasalahan pendidikan dan kesehatan yang menyertainya,”

 

“Beberapa kota di Tanah Air tampak lengang karena banyak pertokoan ditutup dan pembatasan jumlah orang berkumpul. Permasalahan umum yang sering dijumpai di masyarakat, yakni pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Permasalahan ekonomi seringkali mengakibatkan permasalahan pendidikan dan kesehatan yang menyertainya,” ujar Gatot, Sabtu, 4 April 2020.

 

Menurutnya, hal ekonomi ini juga strategis, terutama bagi golongan masyarakat kurang beruntung dalam aksesibilitas, tidak berpenghasilan tetap, atau tidak mampu dalam menopang kebutuhan hidupnya. Pandemi Covid-19 berdampak pada aspek ekonomi. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius semua pihak, karena tidak menutup kemungkinan mengganggu stabilitas sosial, budaya, dan politik.

 

“Untuk itu, saatnya kita bersatu untuk menangani dan mengelola permasalahan yang kita hadapi saat ini dengan merevitalisai budaya,” imbuh Gatot.  Karenanya, sebagai bagian dari sivitas kampus, ia mendukung pemberian bantuan bahan pokok yang dilakukan oleh UMY bagi masyarakat sekitar yang terdampak Coronavirus. Juga menghimbau kepada masyarakat berpunya atau memiliki harta lebih bisa menyisihkan untuk membantu sesama. (*)

 

Tak Bisa Anggap Ringan Imbasan Ekonomi  
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *