Ratusan Perjalanan Kereta Dibatalkan di Daop 6

ilustrasi perjalanan kereta api.
Ilustrasi perjalanan kereta api.

Siarpedia.com, Yogyakarta –  Penyebaran virus corona berdampak pada pembatalan sejumlah perjalanan kereta api, baik yang menuju maupun keluar Yogyakarta. PT Kereta Api Indonesia daerah operasi (KAI)  Daop 6 Yogyakarta pun memastikan pembatalan sejumlah 126 perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh maupun jarak pendek hingga 30 April 2020. KAI melakukan efisiensi lantaran adanya perkembangan Virus Corona Covid-19.

 

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan pembatalan perjalanan 126 kereta diberlakukan selama satu bulan hingga 30 April mendatang. Nantinya, KAI akan mengevaluasi melihat perkembangan Virus Corona. “Pembatalan ini memang sudah keputusan dari pusat, dan akan mengembalikan secara utuh atau 100% dari harga tiket awal,” ujar Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 6 Eko Budiyanto.

 

Hingga Rabu, 1 April 2020, tercatat sudah ada lebih  16.000 tiket yang sudah dikembalikan. Pembatalan ini dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona dan sejumlah kebijakan untuk tidak keluar dari daerah masing-masing. Pihak KAI mengembalikan pembatalan tiket utuh 100 persen tanpa dikenakan biaya pembatalan, penumpang dihimbau tidak perlu khawatir. Pengembalian tiket dilakukan untuk jadwal pembelian 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

 

Eko mengungkapkan, kebanyakan pembatalan tiket merupakan para calon pemudik Lebaran 2020. Hal tersebut menyusul kebijakan pemerintah yang meniadakan program mudik hari raya Idul Fitri tahun ini. Pembatalan dan pengembalian tiket dapat dilakukan dengan dua cara, melalui aplikasi KAI Acces atau secara tunai di loket customer servis (cs) PT KAI yang ada di stasiun.

 

Menurutnya, adanya pembatasan sosial atau social distancing, lebih baik pelanggan menggunakan KAI Acces saja, dan mekanismenya sudah ada semua di aplikasi tersebut. “Pembatalan dan pengembalian tiket juga berlaku pada pemesanan secara komulatif atau rombongan yang telah bayar dengan sistem uang muka. Pembatalan rombongan dapat dilakukan di kantor cs KAI Daop 6 Yogyakarta,” ungkapnya. (*)

 

Ratusan Perjalanan Kereta Dibatalkan di Daop 6
Ditag di:            

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: