Seporsi nasi goreng lezat.
Seporsi nasi goreng lezat.

NASI goreng merupakan sajian bentuk nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan, serta menghadirkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan sejumlah bumbu-bumbu rempah, seperti bawang putih, bawang merah, merica dan kecap manis. Kelezatan menu satu ini semakin bertambah, dengan adanya lauk pelengkap, dari mulai telur, sayur-sayuran, makanan laut, suwiran ayam, atau daging.

 

Sebagai salah satu kuliner unggulan, nasi goreng sering kali disantap sendiri atau disertai hidangan lainnya. Saat kondisi social distancing dan himbauan work from home atau kerja dari rumah, menu satu ini juga cocok sebagai penganjal perut. Sebagai hidangan buatan rumah, awalnya nasi goreng dibuat dari bahan-bahan tersisa, yang berujung pada ragam tak terbatas. Namun, kini nasi goreng menjelma menjadi kuliner favorit karena keunikan rasanya.

 

Bahkan, nasi goreng diklaim sebagai makanan jalanan populer di Asia. Di beberapa negara Asia, restoran-restoran kecil, gerai-gerai pinggir jalan dan pedagang keliling mengkhususkan diri dalam menyajikan nasi goreng. Di kota-kota Indonesia, pedagang umum nasi goreng biasa ditemukan berpindah-pindah dengan gerobak makanan mereka dan berhenti di jalanan sibuk atau kawasan tempat tinggal. Termasuk di Yogyakarta, sebagai salah satu daerah urban atau banyak didatangi perantauan dari nusantara.

 

Sebagai masakan nasional kita yang dinikmati jutaan orang setiap harinya, tentunya perlu juga untukmu mengetahui resep nasi goreng yang satu ini. Sajian ini bakal melengkapi segala perbendaharaan kuliner nasi goreng yang selama ini telah kamu kumpulkan untuk dinikmati sehari-hari di rumah. Berbekal bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, nasi goreng adalah solusi dari masalah lapar kamu – khususnya ketika malam datang menjemput.

 

Membuat nasi goreng juga tak sulit, bahkan sangat praktis dengan hadirnya bumbu instan. Namun menggunakan bumbu buatan sendiri jelas memberi citarasa berbeda, lebih spesial. Cara membuat diawali memanaskan minyak goreng. Tumis bumbu-bumbu sampai harum. Tambahkan telur, aduk sampai berbutir. Jika suka bisa tambahkan suwiran ayam, kol dan caisim. Masukkan nasi. Tidak lupa garam, dan merica. Aduk sampai matang. Sajikan. (*)

 

Mencicip Lezat dan Gurih Nasi Goreng
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *