Pamflet ajakan PHBS
Pamflet ajakan PHBS.

Siarpedia.com, Bantul –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap ibu-ibu PKK di Dusun Kuwaru. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat, khususwa warga masyarakat Dusun Kuwaru dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat.

 

Dukuh Dusun Kuwaru Hari Agung Nugroho SPd menyatakan, sosialisasi PHBS sangat penting guna menunjang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada narasumber dari DPL Mahasiswa KKN UMY, semua anggota KKN UMY dan perwakilan dari ibu-ibu PKK Dusun Kuwari yang telah menyukseskan jalannya acara sosialisasi PHBS.

 

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi, sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan, serta memiliki peran aktif dalam aktivitas di masyarakat. Pengalakan PHBS harus terus dilakukan untuk menunjang hidup berkualitas,” ungkapnya, Senin, 3 Februari 2020.

 

Dalam sosialisasi ini terdapat beberapa indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga yang dapat dijadikan acuan untuk mengenali keberhasilan dari praktek PHBS pada tingkatan rumah tangga. Seperti melahirkan harus ditolong tenaga kesehatan, pemberian ASI ekslusif pada bayi selama 6 bulan, pemberian ASI dan makanan pendamping sampai bayi berusia 2 tahun, lakukan penimbangan bayi setiap 3 bulan sekali.

 

“Bukan hanya itu penggunaan air bersih juga menjadi hal yang tidak bisa diabaikan, termasuk mencuci tangan pakai sabun. Selain itu, menggunakan toilet, pemberantasan jentik nyamuk, makan sayur- sayuran atau gizi berimbang juga perlu diperhatikan, olahraga, dan dilarang merokok di rumah,” katanya.  Diharapkan adanya sosialisasi masyarakat menerapkan PHBS , mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.  (*)

 

Kesadaran Gerakan PHBS Perlu Ditingkatkan  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *