Seporsi nasi kebuli siap santap
Seporsi nasi kebuli siap santap.

SIAPA yang tidak mengenal nasi kebuli ? Salah satu kuliner khas dari Timur Tengah ini telah lama populer di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Nasi kebuli biasanya dihadirkan pada momen spesial. Rasa nasinya yang gurih dan lezat bertabur potongan daging sapi atau kambing ini begitu menggoda selera. Belum lagi aroma rempah-rempahnya yang hmmm … begitu semerbak membuat Anda tak kuasa menahan untuk menyantapnya lagi.

 

Asal muasal nasi kebuli dari Timur Tengah bukan berarti tak cocok disajikan di acara tradisional orang Indonesia atau sebagai santapan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit orang Indonesia yang menyukai nasi kebuli. Hidangan nasi kebuli dengan daging sapi dan bumbu rempah, salah satunya nasi kebuli Abu Taqii. Dengan diramu dan dimodifikasi menyesuaikan lidah orang Yogya, nasi kebuli Abu Taqii ini bisa dijumpai di Jalan Sidoarum – Bantulan Gamping.

 

Namun bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan rasanya juga dapat membuat sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut ini : Bahan : beras,  iga dan daging kambing, bumbu bubuk kebuli, bumbu bubuk rendang, kapulaga hijau, kayu manis (yang kecil), cengkeh, kembang lawang, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, kemiri halus, butter, minyak untuk menumis, garam, acar dan sambal kecap.

 

Sedangkan cara membuat nasi kebuli juga tidaklah sulit. Langkah pertama diawali dengan tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kemiri, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, dan kayu manis hingga harum. Tidak lupa masukkan iga dan daging kambing, tambahkan air 3 liter, berikan sedikit garam dan kaldu bubuk (optional). Rebus hingga empuk dan sisihkan kaldu nya (lakukan tes rasa).

 

Dilanjutkan masukkan beras ke dalam kaldu, serta daging kambing ke dalam magicom, beri rasa dan irisan bawang bombay dan cabai hijau besar masak seperti biasa hingga matang. Daging kambing harus diletakkan di paling atas. Setelah matang, tambahkan butter, aduk rata dan siap disajikan dengan acar dan sambal kecap.

 

Story ini dipersembahkan oleh Nasi Kebuli Daging Sapi Abu Taqii.

 

Inforial ini dipersembahkan oleh Nasi Kebuli Daging Sapi Abu Taqii

Gurih Lezatnya Nasi Kebuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *