Penanganan Pasien Mers Cov Harus Tepat

 

Petugas IGD sigap tangani pasien.
Petugas IGD sigap tangani pasien.

 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pasien datang yang sudah di screaning awal diindikasikan terjangkit penyakit menular berbahaya Mers Cov, yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta. Penyakit ini mudah menyebar dan berpotensi menjadi wabah luar biasa, serta sangat infeksius, sehingga perlu penanganan runtut dan terpadu agar tidak menyebar atau menyerang orang sakit di sekitarnya.

 

Hal tersebut tergambar dalam simulasi penanganan penyakit menular di Instalansi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr Sardjito, Selasa, 14 Januari 2020. Simulasi ditinjau langsung oleh Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr Sardjito Dr dr Darwito SH SpB (K) Onk dengan didampingi oleh Kepala IGD RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dr Handoyo P SpB (K) BS, beserta tim medis dari IGD setempat.

 

Handoyo menjelaskan, penangganan pasien penyakit meluar, seperti halnya suspect Mers Cov harus dilakukan secara tepat sesuai standar operasional pelayanan (SOP) medis dan rumah sakit. Hal ini dimaksudkan agar pasien mendapatkan pelayanan maksimal, juga petugas medis juga terlindung dari paparan penyakit meluar tersebut. Apalagi sebagai petugas medis kapanpun dan siapapun yang bertugas harus melengkapi alat pelindung diri (APD) sesuai SOP yang ada.

 

Dikatakan Handoyo, tujuannya dari SOP dan simulasi ini bukan saja agar terlindung dari paparan penyakit dari pasien,juga ikut membantu proses penyembuhan pasien. Dengan demikian, SOP dalam pelayanan medis menjadi hal urgen dan penting bagi petugas. Karena itu, semua petugas di IGD harus mempunyai kapasitas dan pengetahuan yang tepat juga dalam setiap melakukan penanganan pasien yang datang di IGD.

 

Dirut RSUP Dr Sardjito Dr dr Darwito SH SpB (K) Onk didampingi Kepala IGD RSUP Dr Sardjito dr Handoyo P SpB (K) BS.

 

Sedangkan Darwito menyambut baik simulasi penanganan penyakit menular yang dilakukan oleh bagian IGD RSUP Dr Sardjito. Menurutnya, hal ini penting sebagai langkah antisipasi terhadap segala kemungkinan imbas dari perkembangan penyakit saat ini. Kesigapan petugas dari mulai perawat, keamanan maupun tim medis dokter harus ditingkatkan, sehingga kasus penyakit dapat diminimalisir.

 

Ditegaskan Dariwito bahwa sebagai rumah sakit unggulan, RSUP Dr Sardjito harus terus berbenah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM, termasuk pelatihan dan simulasi penanganan penyakit menular menjadi sarana peningkatan ketrampilan. Bahkan, kesgiapan penanganan korban bencana lettusan atau penyakit menular lain yang mungkin timbul dalam masyarakat juga menjadi perhatian serius. (*)

Penanganan Pasien Mers Cov Harus Tepat
Ditag di:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: