Psikologi Berperan dalam Pemberdayaan Masyarakat  

Psikologi Berperan dalam Pemberdayaan Masyarakat
Psikologi Berperan dalam Pemberdayaan Masyarakat

Siarpedia.com, Yogyakarta – Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta melaksanakan Seminar Nasional bertema “Peran Psikologi dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia”, Sabtu (23/3/2024), Seminar ini merupakan kerja sama Fakultas Psikologi UMBY, Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Muhammadiyah Gresik dan Konsorsium Penelitian Ilmiah Nusantara (KPIN).

 

Seminar ini merupakan upaya Ilmu Psikologi mengembangkan kesejahteraan hidup bagi seluruh masyarakat,”

 

Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi PhD Psikolog menyampaikan jika dalam UUD 45 tertulis secara jelas bahwa “kemerdekaan adalah hak segala bangsa” dan makna dari kemerdekaan ini termasuk kesejahteraan bagi seluruh individu yang ada di negara Indonesia. “Seminar ini merupakan upaya Ilmu Psikologi mengembangkan kesejahteraan hidup bagi seluruh masyarakat,” ujarnnya.

 

Keynote speaker seminar “Peran Psikologi dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia” ini adalah Prof Dr Mirra Noor Milla SSos MSi, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia mengangkat tema “Sinergi dalam Perbedaan dan Pembangunan Masyarakat Inklusif”. Prof Mirra menyampaikan hasil risetnya tentang intoleransi hingga radikalisme.

 

Pembicara kedua dalam seminar yang dilaksanakan secara online dengan dihadiri sekitar 700 peserta melalui aplikasi Zoom ini adalah Dr Irma Himmatul Alliyah MPsi Psikolog dari Universitas Mercu Buana Jakarta. Ia membawakan tema tentang Agile Ways of Working. Dr Irma menyampaikan tentang strategi dalam bekerja yang seimbang dan meningkatkan kesehatan mental di dalam konteks pekerjaan.

 

Baca Juga ; Lembaga Kemahasiswaan FKIP UMBY Dituntut Buat Proker Berkualitas  

 

Dilanjutkan oleh pembicara ketiga Aditya Putra Kurniawan SPsi MSH Counseling, Dosen Fakultas Psikologi UMBY, sekaligus mahasiswa doktoral Universitas Manchester Inggris. Ia menyampaikan kesenjangan jumlah antara pasien gangguan mental dengan jumlah tenaga kesehatan jiwa, sehingga perlu adanya pemberdayaan komunitas dalam intervensi mikro di tingkat masyarakat. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Psikologi Berperan dalam Pemberdayaan Masyarakat  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: