Bareng PLB UNY, Ormawa FKIP UMBY Diskusi Aksesibilitas Perpustakaan Inklusi  

Bareng PLB UNY, Ormawa FKIP UMBY Diskusi Aksesibilitas Perpustakaan Inklusi
Bareng PLB UNY, Ormawa FKIP UMBY Diskusi Aksesibilitas Perpustakaan Inklusi

Siarpedia.com, Yogyakarta – BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) serius menggarap hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kemendikbud Ristek. Melalui skema cerdas dengan tujuan mengembangkan perpustakaan inklusi di Desa Argosari, tim menargetkan 5 klinik literasi yang beroperasi menunjang peningkatan kompetensi di desa tersebut.

 

Salah satu upaya untuk mendiskusikan lebih lanjut kesediaan perpustakaan aksesibel bagi masyarakat inklusi, tim menggandeng mahasiswa Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk diskusi masalah dan solusi implementasi perpustakaan inklusi. Diskusi dihadiri oleh 10 tim pelaksana, 7 mahasiswa UNY, didampingi oleh Dosen Pembimbing PPK Ormawa dan dosen PLB UNY ini dilaksanakan pada Sabtu, 16 Juni 2023.

 

“Pengembangan perpustakaan inklusi sangat dibutuhkan sebagai pengakuan atas keberagaman dalam konteks layanan publik. Artinya, layanan tersebut harus selalu diasumsikan ada kebutuhan dan kepentingan pengguna yang berbeda dari kelompok pengguna lainnya,” ungkap Ghifari, salah satu mahasiswa PLB UNY. Pada kesempatan ini, salah satu mahasiswa penyandang netra juga dihadirkan.

 

Perlu juga diperhatikan penggunaan teknologi bantu seperti penyediaan kursi roda, optimalisasi teknologi bantu seperti screen reader, dan melakukan analisis kebutuhan teknologi bantu,”

 

Hal fundamental yang perlu dipersiapkan pada pengembangan perpustakaan inklusi adalah wajib menyediakan aksesibilitas publik seperti ramp, guiding block, tinggi meja dan sebagainya. “Perlu juga diperhatikan penggunaan teknologi bantu seperti penyediaan kursi roda, optimalisasi teknologi bantu seperti screen reader, dan melakukan analisis kebutuhan teknologi bantu,” ujarnya.

 

Baca Juga ; Saat PPL, Mahasiswa UMBY Kenalkan Budaya di SMP N 2 Godean  

 

“Pengadaan teknologi bantu maupun aksesibilitas publik tentu tidak dapat kami sediakan semuanya, sehingga dari hasil diskusi diberikan alternatif yang sesuai anggaran yang diajukan. Adanya diskusi dengan dosen dan mahasiswa PLB UNY ini membantu kami memaksimalkan pengembangan perpustakaan aksesibel bagi masyarakat inklusi di Desa Argosari,” ujar Muntaha, salah satu pelaksana PPK Ormawa di Klinik Perpustakaan Desa. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Bareng PLB UNY, Ormawa FKIP UMBY Diskusi Aksesibilitas Perpustakaan Inklusi  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: