Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar di SMP N 4 Yogyakarta  

Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar di SMP N 4 Yogyakarta  
Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar di SMP N 4 Yogyakarta

Siarpedia.com, Yogyakarta – Untuk mengikuti tantangan pembelajaran berbasis digital, Rani Linggar Purga Hardiyanti, Mahasiswi PPL Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan pembelajaran menggunakan media digital Aplikasi Quizizz di SMP N 4 Yogyakarta yang dilaksanakan pada 21 Juli 2022 hingga 26 Agustus 2022.

 

Quizizz adalah aplikasi game edukasi yang memiliki pola pembelajaran interaktif serta memiliki manfaat dapat digunakan bersamaan dengan media pembelajaran dan bahan evaluasi pembelajaran. Seperti adanya data dan perhitungan statistik kinerja siswa yang hasilnya menggambarkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pengukuran evaluasi pembelajaran. Selain itu memberikan evaluasi guru dan metode pengajaran menarik.

 

Dengan Quizizz, pengguna dibagi menjadi dua kelompok yakni pembuat pertanyaan biasanya seorang guru dan pengguna (siswa) yang bergabung untuk menjawab pertanyaan yang telah dibuat instruktur. Aplikasi Quizizz membantu siswa mengingat materi yang diajarkan, menumbuhkan kompetisi antarsiswa dan memungkinkan siswa menyelesaikan evaluasi pembelajaran yang berdampak positif pada pemahaman materi dan hasil belajar siswa.

 

Baca Juga ; 4 Mahasiswa UMBY Jadi Pemakalah Seminar Internasional di Turki

 

Rani Linggar Purga Hardiyanti menjelaskan, dengan adanya Quizizz, diharapkan menjadi alat pembelajaran yang menekankan evaluasi diri siswa, manajemen waktu, dan kreativitas. “Strategi kuis menarik partisipasi aktif siswa, sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang menarik dan kreatif. Selain itu aplikasi ini membuat model kuis secara real time sehingga siswa dapat memahami materi,” jelasnya.

 

Media pembelajaran yang digunakan juga inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk fokus pada materi ajar yang diberikan,”

 

Suroso SPd.selaku guru pembimbing di SMP Negeri 4 Yogyakarta mengatakan penggunaan media Quizizz ini sangat menarik dan mudah dipahami oleh siswa, serta antusias siswa sangat tinggi ditandai dengan saling berlomba dalam menjawab kuis. “Media pembelajaran yang digunakan juga inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk fokus pada materi ajar yang diberikan,” ujarnya.  (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar di SMP N 4 Yogyakarta  

Tinggalkan Balasan