Setetes Darah Menyelamatkan Nyawa Bersama KSR PMI UMBY

Setetes Darah Menyelamatkan Nyawa Bersama KSR PMI UMBY
Setetes Darah Menyelamatkan Nyawa Bersama KSR PMI UMBY 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mahasiswa Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit VIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program tahunan yaitu donor darah yang bertema “Setetes Darah Anda, Menyelamatkan Nyawa Mereka”. Kegiatan donor darah ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, Jalan Raya Wates Sedayu Bantul, pukul 08.00-11.00 WIB., Jumat, 26/08/2022.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 29 Agustus 2022, kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta dalam proses skrining atau pengecekan kesehatan serta proses donor darah. Acara ini dihadiri perwakilan Polsek Sedayu, mahasiswa UMBY dan masyarakat sekitar kampus 1 UMBY. Total peserta yang ikut rangkaian acara ini 42 pendaftar dan yang berhasil mendonorkan darah 23 pendonor.

 

Ketua Panitia donor darah Maurifian Ramawan Jati mengatakan program kerja ini rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya donor darah dilakukan bergiliran di kampus 1 UMBY dan kampus 3 UMBY. Ada beberapa persyaratan yang harus diikuti pendonor seperti mengisi pendaftaran online, registrasi ulang saat acara, pengisian form, skrining untuk memastikan kesehatan pendonor, setelah semua tahap selesai maka proses donor darah bisa dilakukan.

 

Baca Juga ; 4 Mahasiswa UMBY Jadi Pemakalah Seminar Internasional di Turki

 

Wakil Ketua Unit VIII KSR PMI UMBY Yulius Liq menyampaikan target dari partisipasi di acara kali ini tak hanya dari kalangan mahasiswa, namun dari kalangan masyarakat umum. “Harapan saya kedepannya semoga program donor darah tahun berikutnya bisa lebih ramai lagi, dan juga di program donor darah berikutnya tak hanya sekedar donor darah, namun ada kegiatan seperti live musik atau kegiatan donasi ke panti asuhan,” ucapnya.

 

Harapan saya setelah terlaksananya program ini mahasiswa bisa membentuk komunitas pendonor darah untuk mewadahi pendonor yang bisa diikuti oleh siapa saja, hal tersebut juga bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kantong darah,”   

 

Pembina UKM KSR PMI Unit VIII UMBY Imam Suharjo ST MEng mengatakan ini merupakan program kerja tahunan dan kali ini bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta. “Harapan saya setelah terlaksananya program ini mahasiswa bisa membentuk komunitas pendonor darah untuk mewadahi pendonor yang bisa diikuti oleh siapa saja, hal tersebut juga bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kantong darah,” tuturnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Setetes Darah Menyelamatkan Nyawa Bersama KSR PMI UMBY
Ditag di:            

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: