Komisi Etik Psikologi UMBY Bahas Pentingnya Ethical Consideration

Komisi Etik Psikologi UMBY Bahas Pentingnya Ethical Consideration
Komisi Etik Psikologi UMBY Bahas Pentingnya Ethical Consideration

Siarpedia.com, Yogyakarta – Etika menjadi hal penting kehidupan sehingga penegakan kode etik menjadi utama dalam kegiatan termasuk di institusi pendidikan. Begitu pun dalam bidang Psikologi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Setelah peluncuran Komisi Etik Fakultas Psikologi pada 12 Januari 2022, Komisi Etik selenggarakan “Sosialisasi Pengajuan Surat Pertimbangan Etika Penelitian (Ethical Consideration)”, Rabu, 22/06/22.

 

Sosialisasi ini diisi oleh Ketua Komisi Etik Fakultas Psikologi Erydani Anggawijayanto MPsi Psikolog, yang juga merupakan dosen Fakultas Psikologi UMBY. Manfaat dari Ethical Consideration yakni adanya jaminan keamaan dan kesejahteraan bagi peneliti maupun subjek penelitian. Peneliti pun sangat terbantu karena hal ini akan mempermudah dalam proses publikasi jurnal penelitian.

 

Baca JugaGo Givers UMBY Gelar Mini Training

 

“Baik itu peneliti ataupun subjek penelitian, semuanya akan mendapat jaminan keamanan dan kesejahteraan. Nantinya peneliti pun terbantu dalam proses publikasi jurnal,” ujar Erydani, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 22 Juni 2022 . Ethical Consideration akan diterapkan bagi peneliti, baik dosen maupun mahasiswa. Pengajuan Ethical Consideration dapat digunakan saat akan melalukan penelitian kualitatif, kuantitatif, maupun mix desain.

 

“Apabila memenuhi prinsip etika Psikologi, maka kami akan menerbitkan surat rekomendasi agar bisa melanjutkan ke penelitian,”

 

Disampaikan sebelum penelitian, peneliti harus mendaftar melalui link google form yang harus diisi. Hal ini sebagai pedoman agar Komisi Etik Psikologi dapat menerbitkan surat rekomendasi telah memenuhi standar prinsip etika penelitian. Sehingga peneliti dapat melanjutkan penelitian yang dimaksudkan. “Apabila memenuhi prinsip etika Psikologi, maka kami akan menerbitkan surat rekomendasi agar bisa melanjutkan ke penelitian,” jelasnya.

 

Dalam waktu dekat ini Komisi Etik Psikologi akan bekerjasama dengan Lab Eksperimen Psikologi untuk melakukan mini seminar mengenai State of the art (SoTa). State of The Art penelitian merupakan perengkuhan hasil tertinggi dan maksimal dari sebuah pengembangan yang biasanya terbentuk dari alat, produk, metode, media, aktivitas penelitian yang direngkuh pada waktu tertentu sebagai buah dari implementasi metodologi yang telah ada. . (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Komisi Etik Psikologi UMBY Bahas Pentingnya Ethical Consideration
Ditag di:    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: