Dr Das Salirawati MSi
Dr Das Salirawati MSi

Siarpedia.com, Yogyakarta – Rambut adalah mahkota. Apalagi bagi kaum perempuan. Karena itu, rambut dirawat dan dipelihara sebaik mungkin agar tetap indah, berkilau, dan enak dipandang penataannya. Namun terkadang tanpa disadari melakukan kesalahan fatal yang disebabkan pemilihan shampoo dan cara keramas yang salah yang berakibat pada mahkota tersebut.

 

Menurut dosen jurusan pendidikan kimia Fakultas MIPA UNY Dr Das Salirawati MSi, rambut tersusun atas sel-sel protein yang keras dan liat yang disebut keratin, hampir sama keratin pada kulit dan kuku. Keratin merupakan protein alami yang dapat ditemukan pada rambut, kulit, dan kuku. “Keratin inilah yang berperan dalam menjaga rambut tetap sehat dan tampak berkilau,” paparnya, Kamis, 5 Agustus 2021.

 

“Ikatan pada protein rambut mempunyai empat tipe yang mempengaruhi sifat rambut, rambut berminyak, normal, kering, lurus atau keriting,” 

 

Disampaikan, pertambahan usia dan gaya hidup mengakibatkan produksi dan fungsi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya, rambut menjadi tampak kusam, kusut, sulit diatur, hingga rusak. “Ikatan pada protein rambut mempunyai empat tipe yang mempengaruhi sifat rambut, rambut berminyak, normal, kering, lurus atau keriting,” papar Das Salirawati, Doktor Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNY tersebut..

 

Dikatakan, empat tipe tersebut adalah ikatan hidrogen, jembatan garam, hubungan sulfid dan interaksi hidrofilik yang dapat rusak oleh kondisi asam atau basa serta obat pengeriting dan pelurus rambut. Menurut Das Salirawati, salah satu penyebab utama rambut mengalami kerusakan, rontok, mudah patah, pecah-pecah ujungnya dan kusam adalah karena pemakaian shampoo yang tidak sesuai dengan jenis rambut.

 

Das Salirawati menyebut, rambut kering mudah rusak, mudah patah, rontok, bercabang dan kusam. Karena itu, sebaiknya memakai shampoo yang kandungan proteinnya tinggi. Untuk rambut normal pemakaian shampoo jenis apapun dapat dilakukan, tapi dianjurkan memilih shampoo yang menguatkan akar. Sedangkan jenis rambut berminyak harus memilih shampoo yang dapat mengurangi kadar minyaknya, yaitu shampoo dengan sifat asam/basa tinggi .(*)

 

Hindari Kerusakan Rambut ? Ini Kata Dosen UNY
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *