Anthony Sinisuka Ginting
Anthony Sinisuka Ginting

Siarpedia.com, Jakarta – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie Anthony dan Ginting lolos ke babak 16 besar cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Pada laga penyisihan grup G kedua melawan wakil Singapura Loh Kean Yew, Jonatan menang 22 – 20, 13 – 21, dan 21 – 17. Pada laga kedua babak penyisihan Grup J, Ginting mengalahkan wakil Rusia Sergey Sirant 21-12 dan 21-10.

 

Pada pertandingan di Musashino Forest Sport Plaza, Rabu, 28 Juli 2021, malam, penampilan Jojo, sapaan akrab Jonatan sempat membuat penonton yang menyaksikan partai dag dig dug. Betapa tidak, penampilan Jojo turun naik membuat perburuan angka saling salip. Pada game kedua Jojo unggul jauh 17 – 13, 18 – 14 dan balik dikejar menjadi 20 – 18. Untung Jojo bermain sabar saat angka kritis dan berhasil menyamakan skor 20 – 20..

 

Kemudian Jojo berhasil mengambil dua poin terakhir untuk menutup game pertama 22 – 20. Pada game kedua kejar-kejaran angka kembali terjadi. Jojo yang sudah unggul jauh 8 – 4 dikejar hingga Loh berhasil membalik keadaan 11 – 8 pada interval game kedua. Dalam posisi tertinggal Jojo tak dapat mengembangkan permainan dan Loh terus memimpin. Hanya memberi poin hingga angka 13, Loh menutup game kedua dengan 21 – 13.

 

Pada game ketiga Jojo terus memimpin sejak awal permainan hingga menutup paruh game dengan 11 – 8. Namun Joo sempat lengah, ketika sudah unggul jauh 17 – 13, Loh berhasil mendekat hingga 17 – 16. Namun Jojo kembali menemukan bentuk permainannya dan melaju hingga mencapai game poin lebih dulu 20 – 16. Loh sempat mencuri satu poin sebelum Jojo menutup game ketiga dengan 21 – 17.

 

Dari segi peringkat, Ginting peringkat lima dunia tak mengalami kendala berarti dalam usahanya menundukkan pebulutangkis peringkat ke-77 tersebut. Dua game dimainkan Ginting dengan tempo sedang, dengan sesekali memberikan tekanan untuk menyudahi pertahanan Sergey. Selain berinisiatif melakukan serangan, perolehan angka Ginting juga diuntungkan kesalahan yang dilakukan lawannya.. (*)

 

Jonatan dan Ginting Melaju ke 16 Besar, Bulutangkis Olimpiade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *