Gubernur DIY Sri Sultan HB X
Gubernur DIY Sri Sultan HB X

Siarpedia.com, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan kembali agar masyarakat mengetatkan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Pilihan terbaik yang dapat dilakukan warga DIY selain memperketat pelaksanaan protokol kesehatan adalah dengan tetap tinggal di rumah. Di sisi lain, ajakan untuk memperketat kebijakan PPKM Mikro juga disinggung Ngarsa Dalem…

 

“Kita harus menjaga sikap “manunggaling wargâ lan pamong” dalam menerapkan PPKM Mikro hingga tingkat RT. Maka, betapa pun ganasnya serangan Covid-19, niscaya kita pasti bisa memenangkan perang ini,” ujar Sri Sultan HB X dalam Sapa Aruh, Jogja Eling lan Waspada, Wilujeng Nir Ing Sambekala, Selasa, 22 Juni 2021, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

 

Sri Sultan HB X mengatakan, implementasi PPKM Mikro selama ini belum dijalankan secara maksimal. Dampaknya Case Fatality Rate (CFR)  atau tingkat kematian nyaris menyentuh besaran angka nasional yang 2,7%, dan pemakaian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) yang melebihi angka 60%, melewati batas aman, selain keterbatasan kemampuan tenaga kesehatan.

 

“Masyarakat-lah yang menjadi subjek pencegahan meluasnya pandemi. Sebaik dan sekuat apa pun regulasi, hanya menjadi aji godhong aking, tak berarti bagai daun kering jika diabaikan dan tidak dilakukan. Lengah sedikit saja, akibatnya bisa semakin parah. Kita harus lila-legawa dengan menyadari bahwa sedikit kelengahan bisa memperparah dampak pageblug ini,”

 

Ngarsa Dalem menyayangkan masyarakat yang mengabaikan peraturan. “Masyarakat-lah yang menjadi subjek pencegahan meluasnya pandemi. Sebaik dan sekuat apa pun regulasi, hanya menjadi aji godhong aking, tak berarti bagai daun kering jika diabaikan dan tidak dilakukan. Lengah sedikit saja, akibatnya bisa semakin parah. Kita harus lila-legawa dengan menyadari bahwa sedikit kelengahan bisa memperparah dampak pageblug ini,” tegasnya.

 

Sesuai dengan tema Sapa Aruh yakni Jogja Eling lan Waspada, Wilujeng Nir ing Sambekala, atau selamat dari segala malapetaka, tampaknya tepat sebagai pengingat bahwa untuk memenangkan perang, meraih “bagas-waras tanpâ rubédâ” atau jauh dari gangguan penyakit, hanya bisa dilakukan jika kita “éling lan waspâdâ”. Di sisi lain, ajakan untuk memperketat kebijakan PPKM Mikro juga disinggung Sri Sultan HB X. (*)

 

Sapa Aruh Sri Sultan HB X : Eling lan Waspada….
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *