Guru SDN Sidorejo Menimba Ilmu Pembelajaran

guru SDN Sidorejo tetap semangan mengikuti program Kampus Mengajar
guru SDN Sidorejo saat mengikuti program Kampus Mengajar

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kampus mengajar merupakan satu dari delapan kegiatan yang diselenggarakan untuk mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)..

 

Delapan kegiatan yaitu, KKN Tematik, Pertukaran Mahasiswa, Magang/Praktik Kerja, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Kampus Mengajar, Studi/Proyek Independen, dan Penelitian/Riset. Mahasiswa yang lolos seleksi Kampus Mengajar angkatan 1 tahun 2021 ditempatkan di SD di seluruh Indonesia yang terakreditasi C,  berada di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), dan membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

 

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program Kampus Mengajar yaitu SD Negeri Sidorejo yang terletak di Desa Sidorejo, Ambal, Kabupaten Kebumen. Sekolah ini terakreditasi C dan memerlukan bantuan untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan baik dari proses belajar mengajar maupun kemampuan IT dewan guru untuk mendukung pembelajaran..

 

Mahasiswa yang diterjunkan di sini adalah Aji Nur Wijaksono dan Bimo Laksono Mahardika dari Universitas Negeri Yogyakarta, Khikmatus Sangadah, Fathan Masruridari Universitas Negeri Semarang dan Irma Oktiana dari Universitas Muhammadiyah Purworejo. Selama pengabdian, mahasiswa menyusun program kerja yang dilaksanakan, salah satunya pelatihan IT untuk dewan guru.. Materi yang disampaikan terkait media pembelajaran powtoon.

 

“Harapannya ketika guru mengaplikasikan dalam proses pembelajaran siswa aktivitas di kelas akan lebih senang dan tertarik dengan materi yang disampaikan,“

 

Menurut Aji Nur Wicaksono, Senin, 2021, pemilihan media pembelajaran tersebut disebabkan media powtoon dapat menggabungkan presentasi materi dengan suara langsung dari guru, serta animasi-animasi yang menarik. “Harapannya ketika guru mengaplikasikan dalam proses pembelajaran siswa aktivitas di kelas akan lebih senang dan tertarik dengan materi yang disampaikan,“ ungkapnya . (*)

 

Guru SDN Sidorejo Menimba Ilmu Pembelajaran
Ditag di:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *