Perpustakaan “Loka Ghana“ SMA N I Sedayu
Sudut ruang Perpustakaan “Loka Ghana“ SMA N I Sedayu.

Siarpedia.com, Bantul – Perpustakaan “Loka Ghana“ SMA N I Sedayu Bantul berhasil meraih Juara I lomba Perpustakaan SLTA Tingkat DIY tahun 2021. Even lomba ini yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja mutu, peran perpustakaan dan mewujudkan budaya baca dilingkungan sekolah.

 

Kepala Perpustakaan Loka Ghana SMA N 1 Sedayu Syamsuriani S Pd  menuturkan sebanyak 10 sekolah yang mengikuti lomba ini dari perwakilan kabupaten/kota di DIY. Dari serangkaian penilaian sejak dari borang, persentasi maupun assement lapangan, akhirnya terpilih SMA N I Sedayu sebagai juara I, dilanjutkan SMK N 3 Yogyakarta sebagai Juara II dan SMA N 2 Playen Gunungkidul sebagai juara III.

 

Atas prestasi ini, Kepala SMA N I Sedayu, Subarino PhD menyambut dengan rasa syukur yang mendalam, yang tahun lalu meraih juara II dan tahun ini meningkat menjadi juara I. Tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap elemen sekolah, juga komite sekolah dan alumni yang turut andil dengan banyak menyumbangkan buku-buku untuk perpustakaan sekolah.

 

Lebih lanjut Subarino menyatakan, SMA N 1 Sedayu terus berbenah, antara lain penambahan ruang/gedung 228 m2 tahun 2003, menjadi 523,4 m2 tahun 2019 dan menjadi 732,64 m2 tahun 2021, serta menyediakan berbagai koleksi buku cetak, buku digital(e-Book), buku referensi, majalah, surat kabar, Brosur, leaflet, pamflet, poster, Kalender,banner dan CD pembelajaran

 

“Warga sekolah terus berinovasi dalam mengembangkan perpustakaan membuahkan hasil dengan beberapa prestasi, antara lain,  pada 2019 mengikuti Akreditsi perpustakaan  dengan nilai predikat akreditasi A, tahun 2020 juara ke 2 dalam rangka lomba perpustakaan tingkat Propinsi  DIY dan tahun ini perpustakaan “Loka Ghana“SMA N I Sedayu di nobatkan sebagai juara 1 lomba perpustakaan Tingkat Propinsi DIY,”

 

“Warga sekolah terus berinovasi dalam mengembangkan perpustakaan membuahkan hasil dengan beberapa prestasi, antara lain,  pada 2019 mengikuti Akreditsi perpustakaan  dengan nilai predikat akreditasi A, tahun 2020 juara ke 2 dalam rangka lomba perpustakaan tingkat Propinsi  DIY dan tahun ini perpustakaan “Loka Ghana“SMA N I Sedayu di nobatkan sebagai juara 1 lomba perpustakaan Tingkat Propinsi DIY,” ungkap Subarino.

 

Perpustakaan “Loka Ghana“ SMA N I Sedayu
Perpustakaan “Loka Ghana“ SMA N I Sedayu

Dewan Pakar Komite Sekolah SMA N I Sedayu, sekaligus mantan Kepala SMA N I Sedayu Drs H Nursito menyampaikan selamat atas prestasi ini sebagai juara 1 karena fakta berbicara dan kedepan akan mengikuti tingkatan yang lebih tinggi, yaitu tingkat nasional. “Kalau ingin juara nasional mesti berpikir potensi apa di luar ketentuan tapi korelatif integral dengan visi pustaka yang mungkin peseta lain tidak memilikinya” tutur Nursisto. . (*)

 

“Loka Ghana“, Juara I Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat DIY 2021

Satu gagasan untuk ““Loka Ghana“, Juara I Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat DIY 2021

  • 25 April 2021 pukul 2:41 pm
    Permalink

    Perpustakaan sekolah saat harus menjadi tempat yang nyaman, menyenangkan dan mampu memfasilitasi kebutuhan warga sekolah terutama peserta didik dalam mengembangkan potensi akademik dan non akademik. Perpustakaan Loka Ghana menjadi salah satu contoh perpustakaan yg mampu menjawab tantangan dan selalu berinovasi utk memenuhi kebutuhan seluruh pemustakanya. Semoga bisa menginspira perpustakaan-perputakaan sekolah lainnya dalam meningkatkan literasi pemustakanya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *