Sultan jalani vaksinasi di RSUP Dr Sardjito
Sri Sultan HB X  menjalani vaksinasi di RSUP Dr Sardjito

Siarpedia.com, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama istri, GKR Hemas, menjalani vaksinasi Covid-19 di Ruang Medical Check Up, Gedung IGD RSUP Dr Sardjito, Sabtu, 13 Maret 2021, siang. Turut hadir mendampingi, yakni Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembajoen Setyaningastutie dan Direktur RSUP Dr Sardjito dr Rukmono Siswihanto.

 

Ditinjau dari usia, Sri Sultan HB X dan GKR Hemas masuk kategori lansia, yang merupakan sasaran prioritas vaksin Covid-19 tahapan kedua. Seperti vaksinasi Covid-19 lansia pada umumnya, terlebih dulu Sri Sultan HB X dan GKR Hemas melakukan registrasi dan pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya, Sri Sultan HB X dan GKR Hemas diberikan suntikan vaksin Covid-19 merek Sinovak yang prosesnya berlangsung kurang dari lima menit.

 

“Tidak sakit. Saya berharap Bapak Ibu semuanya yang divaksin, yang lansia ini, tetap dalam keadaan sehat. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan kita,”

 

Usai vaksinasi, tak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada kesehatan Ngarsa Dalem maupun GKR Hemas. Ngarsa Dalem lantas menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat, khususnya lansia agar tidak takut divaksin. “Tidak sakit. Saya berharap Bapak Ibu semuanya yang divaksin, yang lansia ini, tetap dalam keadaan sehat. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan kita,” ajak Sri Sultan HB X

 

Sri Sultan HB X menambahkan harapan agar kesempatan pemerintah memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Dengan harapan, kita sama-sama menjaga kesehatan, sehingga pandemi ini lebih cepat berakhir, khususnya di Yogyakarta. Nggak usah takut, nggak usah punya kekhawatiran, lakukan saja. Imunitas akan menyertai Bapak Ibu semuanya,” kata Ngarsa Dalem.

 

Pada hari yang sama dengan vaksinasi Sri Sultan HB X dan GKR Hemas, RSUP Dr Sardjito turut mengundang 43 lansia di DIY untuk divaksinasi. Lansia tersebut berasal dari perwakilan Komisi Daerah (Komda) lansia, tokoh agama, dan civitas akademika, seperti UGM, UNY, ISI Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta. ”Semua lansia yang diundang sangat kooperatif untuk hadir dan menjalani vaksinasi,” jelas Pembajoen Setyaningastutie. (*)

 

Sri Sultan HB X Ajak Lansia Tidak Takut Vaksinasi
Tag pada:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *