vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Covid-19, Ilustrasi.

Siarpedia.com, Bantul – Tercatat lima ratusan lebih seniman berbagai disiplin seni dan budayawan mengikuti vaksinasi di Padepokan Seni Bagong Koesodihardjo (PSBK), Rabu, 10 Maret 2021. Presiden Joko Widodo hadir langsung menyaksikan program vaksinasi dengan didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dan disambut Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Butet Kartarajasa, penerus pengelola PSBK.

 

Dalam kesempatan tersebut, setelah menyaksikan prosesi vaksinasi beberapa seniman, seperti Marwoto Kawer hingga Hanung Bramantyo, Presiden Jokowi lantas duduk menyaksikan beberapa kesenian yang disiapkan para seniman. Pertama, ia mendengarkan lagu Vaksin untuk Negeri yang dibawakan Sinten Remen feat Paksi Raras juga tarian kontemporer Petruk Divaksin.

 

“Tarian Petruk Divaksin ini spesial, karena kita tahu bersama tamu kita sekarang ini sering dicondrokan sebagai Petruk. Silahkan teman-teman, mainkan Petruk Divaksin,”

 

“Tarian Petruk Divaksin ini spesial, karena kita tahu bersama tamu kita sekarang ini sering dicondrokan sebagai Petruk. Silahkan teman-teman, mainkan Petruk Divaksin,” ungkap Butet yang sempat membuat Presiden Jokowi tertawa dibalik masker. Adegan teatrikal Petruk dan Gatotkaca dengan judul “Petruk Divaksin” yang dipentaskan tersebut memberikan gambaran rakyat menyambut dihelatnya kebijakan vaksinasi massal.

 

Dalam pernyataan di hadapan media, Presiden Jokowi berharap, adanya vaksinasi bisa melindungi insan seni di Indonesia agar terus semangat berkarya di tengah situasi sulit saat ini. “Kita tahu keadaan tidak mudah bagi pekerja seni. Tapi kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni terus punya semangat berkarya,” kata Presiden Jokowi.

 

Butet Kartaredjasa menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan vaksin kepada seniman dan budayawan. Menurutnya, ini suatu peristiwa yang penting dan bersejarah. Butet juga menilai momen tersebut sangat membanggakan karena membuktikan seniman dan budayawan memiliki komitmen bersama melakukan pencegahan Covid-19 dengan turut divaksin.  (*)

 

Presiden Tinjau Vaksinasi Seniman dan Budayawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *