sc
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Tak hanya dari pemerintah, namun institusi lain, seperti universitas. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menunjukkan dukungannya melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dikhususkan untuk membantu atau mendampingi UMKM.

 

Puncak dari program KKN ini ialah diadakannya UMKM EXPO 2021 yang akan dilaksanakan selama 4 hari mulai Sabtu-Selasa, 13-16 Februari 2021. Acara yang diadakan secara virtual atau daring (dalam jaringan) ini melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube ini menghadirkan Ir Gunawan Budiyanto MP IPM (Rektor UMY) sebagai narasumber talkshow.

 

“Ada juga paparan dari Drs Teten Masduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah), serta H Herry Zudianto SE Akt MM (Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah),” kata Dr Aris Slamet Widodo SP MSc (Kepala Divisi KKN, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY) dalam keterangan tertulisnya, Senin, 15 Februari 2021.  Tema penyelenggaraan expo ‘Kreatifitas Lokal Menuju Pasar Global’..

 

“Harapan kami juga, dengan diadakannya expo ini dapat meningkatkan pemasaran karena dapat menjadi ajang promosi. Juga memperluas jaringan perdagangan karena diikuti oleh ratusan UMKM dari DIY dan Jawa Tengah,”

 

Menurutnya, ini bertujuan memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mulai dari pengemasan hingga pemasaran. “Harapan kami juga, dengan diadakannya expo ini dapat meningkatkan pemasaran karena dapat menjadi ajang promosi. Juga memperluas jaringan perdagangan karena diikuti oleh ratusan UMKM dari DIY dan Jawa Tengah,” tambahnya.

 

Disampaikan Gunawan Budiyanto, pelaku UMKM ini merupakan pejuang ekonomi, bahkan pada kondisi terburuk, seperti pada 1998, saat krisis moneter. “Tangan dingin mahasiswa UMY yang terus bergerak untuk pengabdian di tengah pandemi, merupakan sebuah hal yang membanggakan. Mari bersama-sama kita membuktikan kepada bangsa ini bahwa para pejuang UMKM dapat memberikan sesuatu membanggakan bagi bangsa,” katanya.  (*)    

 

Rektor UMY : Pelaku UMKM Pejuang Ekonomi
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *