‘Stunting’ Masih Jadi Masalah Serius

Narasumber saat paparkan materinya.
Narasumber saat paparkan materinya.

Siarpedia.com, Bantul – Dosen Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Aditya Putra Kurniawan MSH Couns dipercaya Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia menjadi salah satu narasumber dalam Rapat Koordinasi Teknis dengan tema ‘Membangun dan Memperkuat Komitmen dalam Percepatan Pencegahan Anak Kerdil atau stunting’.

 

“Acara ini diadakan secara online. Kamis, 22 Oktober 2020. Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut juga dihadiri narasumber lainnya yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, Kepala Badan Pusat Statistik, Menteri Dalam Negeri, dan beberapa tokoh nasional lainnya,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Jumat, 23 Oktober 2020.

 

Dikatakan, tema yang disampaikan oleh Aditya Putra Kurniawan terkait dengan pengarusutamaan gender dengan materi berjudul ‘Gender dalam Budaya Patriarki, Tantangan bersama dalam pencegahan stunting di Indonesia’. “Pak Adit, panggilan sehari-hari di kampus menyatakan jika percepatan pencegahan anak kerdil atau stunting merupakan prioritas nasional yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah pada saat ini,” ucapnya.

 

“Saat ini, terdapat 260 kabupaten atau kota yang menjadi lokasi prioritas pelaksanaan Program Percepatan Pencegahan Stunting. Untuk 2021, Pemerintah telah menetapkan 100 kabupaten atau kota sebagai lokasi prioritas baru yang ditetapkan pada 9 April 2020.,”

 

Target yang sudah ditetapkan dalam RPJMN 2020 hingga 2024 adalah menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. “Saat ini, terdapat 260 kabupaten atau kota yang menjadi lokasi prioritas pelaksanaan Program Percepatan Pencegahan Stunting. Untuk 2021, Pemerintah telah menetapkan 100 kabupaten atau kota sebagai lokasi prioritas baru yang ditetapkan pada 9 April 2020.,” paparnya

 

Selain Aditya Putra Kurniawan, narasumber lainnya yaitu  Ir. Agustina Erni Susiyanti, M.Sc dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender KPPPA, Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Sc Dekan Fisip UNS, Drs. Mitran Tuna  Pjs Bupati Gorontalo, dengan sambutan oleh Ibu C. Betty Manurung, Plt Deputi bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Setwapres dengan moderator Sogi Indra Dhuaja. (*)

 

‘Stunting’ Masih Jadi Masalah Serius
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan