Screanshot webinar
Screanshot webinar

Siarpedia.com, Bantul – Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 8 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar bertajuk ‘Blood For Love, Love For Humanity di Masa Pandemi Covid-19’. Seminar secara daring atau dalam jaringan melalui platform Google Meet ini menghadirkan pemateri dr Naila Amalia, Manager Kualitas UTD PMI Kota Yogyakarta.

 

“Webinar yang digelar pada Minggu, 27 September 2020, ini merupakan upaya KSR PMI UMBY dalam upaya sosialiasasi pentingnya donor darah, apalagi di masa pandemi ini stok darah juga menurun dratis,” tutur Pembina KRS PMI UMBY Imam Suharjo ST Meng, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 28 September 2020.

 

Webinar online melalui platform Google Meet dengan jumlah peserta 140 orang yang terdiri dari Anggota KSR dan Masyarakat umum. “Biasanya dalam kondisi normal KSR PMI unit 8 UMBY rutin mengadakan donor darah, namun dalam masa pandemi Covid-19 ini tidak dimungkinkan untuk mengadakan maka di ganti dengan webinar ini,” ucap Imam Suharjo, yang juga dosen Fakultas Teknologi Informasi UMBY.

 

Sedangkan Ketua Panitia Webinar Suharyani, yang juga mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY, menyatakan jika tujuan acara untuk memberikan edukasi kepada anggota KSR maupun masyarakat umum tentang pentingnya donor darah. Selain itu, untuk menyamakan persepsi terkait prosedur donor darah di tengah pandemik. Diharapkan melalui webinar ini anggota KSR dan masyarakat umum lebih paham lagi mengenai donor darah.

 

“Donor darah di masa pandemi itu tetap aman karena sampai sekarang belum ada riset yang membuktikan adanya penyebaran covid-19 melalui jalur transfusi darah,”

 

Dokter Naila Amalia menjelaskan secara detail  mulai dari apa itu donor darah, kebutuhan darah, pembagian golongan darah serta manfaat dan syarat donor darah. Juga dijelaskan bagaimana prosedur donor darah di masa pandemi mulai dari petugas sampai pendonor. “Donor darah di masa pandemi itu tetap aman karena sampai sekarang belum ada riset yang membuktikan adanya penyebaran covid-19 melalui jalur transfusi darah,” ucapnya. (*)

 

KSR UMBY Bincang Seputar Donor Darah  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *