Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.
Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

Siarpedia.com, Sleman – Coronavirus telah ditetapkan sebagai pandemic oleh World Health Organization (WHO) dan Kejadian Luar Biasa (KLB) di sejumlah tempat, termasuk di Surakarta. Mengingat kedekatan Yogyakarta dengan Solo atau Surakarta, serta surat edaran Kementerian Kesehatan juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  mengeluarkan Instruksi Rektor Nomor 1 Tahun 2020.

 

Instruksi rektor UNY ini berisi tentang penyesuaian kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19). “Ada delapan poin dalam instruksi rektor yang secara umum menekankan pemanfaatan fasilitas online dalam perkuliahan dan kegiatan akademik,” ungkap Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

 

Perkuliahan secara online tercantum pada poin pertama hingga kelima. Perkuliahan teori dilakukan melalui aplikasi online ‘Be Smart’, Email, dan Google Classroom Perkuliahan yang sifatnya praktikum dan tak bisa diganti dengan sistem online, akan ditunda pada Juni dan Juli 2020.  Sedangkan untuk bimbingan tugas akhir seperti skripsi, tesis, dan disertasi, UNY telah memiliki aplikasi online yang bisa diakses di bimbingan.uny.ac.id.

 

Ujian tugas akhir tidak mengalami penundaan dan tetap berlangsung seperti biasa, karena sifatnya tertutup dan hanya dihadiri mahasiswa terkait bersama dosen penguji. “UNY sudah lama memiliki aplikasi e-Learning BeSmart untuk kuliah, dan aplikasi online bimbingan tugas akhir. Ini aplikasi yang sudah kita miliki sejak lama. Bisa juga menggunakan Email dan Google Classroom,” ungkap Sutrisna.

 

Poin keenam menginstruksikan untuk menunda kegiatan yang sifatnya massal. Program Kerja Lapangan (PKL) yang jadwalnya digelar mulai akhir bulan ini, juga ditunda. Penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Menteri Desa/PDTT dan Kepala BKKBN yang sedianya awal April, ditunda. Rangkaian Dies Natalis ke-56 UNY, termasuk konser Shiela on 7 pada 17 April 2020, juga ditunda. (*)

Antisipasi Coronavirus, UNY Intruksikan Sejumlah Poin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *