PT JIPA (Japan-Indonesia) saat kunjungan dan melakukan kerja sama dengan UMBY
PT JIPA saat kunjungan di UMBY.

Siarpedia.com, Bantul – PT JIPA (Japan – Indonesia) menawarkan program internship bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk magang di salah satu perusahaan peternakan di Jepang. Program yang ditawarkan untuk magang di Jepang, yaitu di perusahaan poultry dan peternakan babi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga magang di peternakan sapi ataupun di perusahaan olahan hasil ternak.

 

“Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini diutamakan semester 3 sampai dengan semester 5. Program internship yang ditawarkan minimal 6-12 bulan, adapun fasilitas mahasiswa yang didapatkan selama magang di Jepang adalah mendapatkan tempat tinggal dan juga uang saku,” ungkap Dosen UMBY Ajat Sudrajat SPt MPt sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto MM, Selasa, 25 Februri 2020.

 

Yang tidak kalah menarik dari program magang di Jepang ini adalah setelah mengikuti program magang tersebut selesai mahasiswa akan mendapatkan sertifikat. Sedangkan sosialisasi program magang bagi mahasiswa peternakan UMBY ini disampaikan tim dari PT JIPA (Japan-Indonesia) saat kunjungan dan melakukan kerja sama dengan UMBY di Rektorat UMBY Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Yogyakarta.

 

Menurut Ajat Sudrajat, program internship ini bisa memberikan pengalaman dan ilmu praktis kepada mahasiswa UMBY, serta mendapat keterampilan tambahan Bahasa Jepang. Selain itu, mahasiswa bisa menerapkan dan membandingkan ilmu yang sudah didapatkan diperkuliahan dengan ilmu yang ada di perusahaan poultry,  karena perusahaan yang ada di Jepang rata-rata sudah menggunakan teknologi yang sangat modern dan terkomputerisasi.

 

Diakui jika seiring kecanggihan teknologi, perusahaan peternakan juga mengalami tantangan tidak mudah. Bukan hanya di dalam negeri, namun hampir semua di belahan dunia ini. Salah satunya adalah bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk optimalisasi hasil produk. Sedangkan Indonesia hingga saat ini masih terkendala dalam pemanfaatan teknologi dalam bidang peternakan. (*)

 

Terbuka Program Magang ke Peternakan di Jepang
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *