narsum
Narasumber sedang menyampaikan materinya.

Siarpedia.com, Bantul – Pada 31 Januari 2020, World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia telah mengumumkan terjadi keadaan darurat global terkait penyebaran novel Corona Virus (2019-nCov), pasalnya virus tersebut menyebabkan kenaikan angka kematian yang drastis. Hingga 13 Februari 2020, tercatat 60.329 orang terjangkit virus mematikan tersebut dari seluruh dunia, menurut data yang didapat dari Johns Hopkins CSSE.

 

Tentu saja hal tersebut telah membuat keresahan warga dunia, termasuk Indonesia, meskipun sampai sejauh ini belum ada kasus WNI yang positif terjangkit virus Corona. Menyikapi hal tersebut,  Dinas Kesehatan Yogyakarta pun memberikan garis tebal pada masalah keresahan masyarakat yang timbul dari berkembangnya pemberitaan wabah virus Corona yang sedang menjadi perhatian dunia.

 

Oleh karena itu, drh Berti Murtiningsih MKes dari Dinkes Yogyakarta  mengatakan, untuk menanggapi keresahan yang semakin meluas dibutuhkan sebuah penanganan serius, seperti salah satunya pengadaan sosialisasi tentang virus Corona kepada masyarakat umum. Mulai dari cara pencegahan, hingga bagaimana penanganan yang harus dilakukan ketika ada seseorang yang diduga terjangkit.

 

“Kami memberikan edukasi melalui berbagai media, dengan selalu menekankan pentingnya mencuci tangan saat atau setelah bepergian dan juga ketika akan makan. Kemudian bagi mereka yang sakit selalu menggunakan masker, demi mencegah penularan kepada orang lain,” ucapnya dalam acara Medical Update Symposium: Novel-Coronavirus (2019-nCov) The World Outbreak di Gedung dr Erwin Santosa RS PKU Muhammadiyah Gamping, Kamis, 13 Febuari 2020.

 

Lebih lanjut dikatakan, jika memang memiliki gejala-gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, flu, sesak nafas, batuk parah, dan sakit tenggorokan dihimbau untuk merujuk ke rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan secara tepat. “Cek kesehatan rutin, kelola stress, istirahat yang cukup, juga menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat,” ujar drh Berti Murtiningsih.  (*)

 

Masyarakat Tak Perlu Cemas Terkait Corona
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *