UKDW Gelar Workshop Riset Pemberdayaan
UKDW Gelar Workshop Riset Pemberdayaan

Siarpedia.com, Yogyakarta – Magister Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana berkolaborasi dengan Overseas Ministries Study Center di Princeton Theological Seminary Amerika Serikat, Yayasan Griya Jati Rasa dan Koperasi Griya Jati Rasa mengadakan workshop riset pemberdayaan “Kerjasama Ekonomi Antara Muslim dan Kristen di DIY”, Kamis, 19 Januari 2023 di Ruang Seminar Pdt Dr Harun Hadiwijono.

 

Dekan Fakultas Bisnis UKDW Dr Perminas Pangeran MSi mengatakan penelitian tidak hanya fokus pada peningkatan kinerja usaha kecil maupun menengah, tetapi mengatasi aspek lain di tengah perbedaan agama. “Perbedaan agama bukan suatu hambatan, justru menjadi kekuatan untuk menggerakan ekonomi. Selama ini orang membedakan Islam, Kristen, dan lainnya. Sehingga perlu kita gaungkan kerja sama antara Kristen dan Islam,” katanya..

 

Dalam upaya mendukung pelaksanaan riset, UKDW mengirim Dosen Magister Manajemen UKDW Farsijana Adeney-Risakotta PhD ke Princeton Theological Seminary Amerika Serikat untuk memperdalam agama dan menguatkan ekonomi. “Di MM ini ada konsentrasi sosiopreneurship, harapannya tidak hanya sekedar mengejar laba saja, tetapi juga memberdayakan masyarakat. Sehingga ada dampak sosial dan ekonomi,” ujarnya.

 

Peran agama juga penting dalam membangun ekonomi bangsa. Keterlibatan umat Muslim dan agama lain penting untuk menjalin kerja sama. Dalam pengembangan pasar, agama tidak bisa dikesampingkan,”

 

Farsijana Adeney-Risakotta sebagai peneliti utama riset pemberdayaan menerangkan penelitian tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana akar rumput membangun ekonomi. “Peran agama juga penting dalam membangun ekonomi bangsa. Keterlibatan umat Muslim dan agama lain penting untuk menjalin kerja sama. Dalam pengembangan pasar, agama tidak bisa dikesampingkan,” terangnya.

 

Baca Juga ; UKDW Dukung Pengembangan Pariwisata Kota Yogyakarta  

 

Sedangkan KH Beny Susanto MSi selaku asisten peneliti menyebut selama ini sudah ada kerja sama antara Muslim dan Kristen, namun masih perlu dorongan lebih kuat. Meski pertumbuhan ekonomi di DIY baik, namun tingkat kemiskinan dan ketimpangan di DIY juga butuh perhatian. “Butuh panggilan iman bersama, Kristen maupun Muslim. Panggilan untuk membangun bangsa di aspek ekonomi,” ujar Wakil Katib Syuriah PW NU DIY tersebut. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: