Mahasiswa Despro UKDW Raih Juara 3 INTRVL 2022  

Mahasiswa Despro UKDW Raih Juara 3 INTRVL 2022
Mahasiswa Despro UKDW Raih Juara 3 INTRVL 2022

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mahasiswi Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacara Jessica Wiyanti memperoleh Juara 3 pada INTRVL 2022. Kompetisi ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan mahasiswa Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul. Mengangkat tema “Hasta Karya Jakarta”, INTRVL ini ditujukan bagi mahasiswa dan masyarakat untuk memberikan pandangan tentang Jakarta dari sudut pandang desain.

 

Jessica mengaku mengetahui informasi mengenai INTRVL 2022 beberapa hari sebelum batas akhir pengumpulan karya. Adapun kegiatan INTRVL 2022 meliputi pameran karya, seni instalasi, seminar, dan lomba. Dalam kurun waktu tiga hari, Jessica mulai mencari dan menyusun inspirasi sembari dirinya mengingat kembali konsep bangunan dan infrastruktur di Jakarta.

 

Sembari mengamati beberapa bangunan, taman, rumah di Jakarta yang saat ini memiliki konsep desain timeless dengan material yang dapat bertahan di kondisi cuaca tidak menentu. Saya mengambil ide dari bentuk kaktus koboi, karena kaktus sendiri dapat bertahan dalam kondisi cuaca apapun”

 

Sesuai judul kategori lomba “Furnitur Luar Ruang bagi Ibukota Jakarta”, Jessica mengambil kursi taman sebagai objek pengembangan. “Sembari mengamati beberapa bangunan, taman, rumah di Jakarta yang saat ini memiliki konsep desain timeless dengan material yang dapat bertahan di kondisi cuaca tidak menentu. Saya mengambil ide dari bentuk kaktus koboi, karena kaktus sendiri dapat bertahan dalam kondisi cuaca apapun” ungkapnya.

 

Baca Juga ; UNY dan HKI Gelar Seminar Nasional dan Workshop Kurikulum Merdeka  

 

Jessica menggunakan material concrete dan ipe wood yang dapat bertahan belasan, bahkan puluhan tahun, ipe wood diberi lapisan finishing walnut agar bertahan lama walaupun sering terkena hujan. Juga fondasi untuk memisahkan dudukan kursi beton dan alas kayu agar air yang tergenang tidak membuat material lembab, fondasi juga dirancang untuk memberi kesan melayang dari jarak jauh. Terakhir, socket dan lampu pada bagian base kayu.. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Mahasiswa Despro UKDW Raih Juara 3 INTRVL 2022  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: