UKDW Wujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental Lewat Praktikum Lapangan    

UKDW Wujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental Lewat Praktikum Lapangan  
UKDW Wujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental Lewat Praktikum Lapangan

Siarpedia.com, Yogyakarta – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melalui Mata Kuliah Humaniora menyelenggarakan Aksi Nyata wujud implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dilaksanakan melalui Mata Kuliah Wajib Kurikulum Berbasis Proyek. Aksi Nyata diwujudkan dalam 5 kegiatan yaitu Aksi Nyata Bersih Pantai, Tanam Pohon, Edukasi Kebhinekaan, Bersih Rumah Ibadah dan Perayaan Sumpah Pemuda Lintas Iman.

 

Aksi Nyata Bersih Pantai dan Tanam Pohon di Pantai Samas Bantul, MKH menggandeng ReIspirasi, sebuah komunitas yang melakukan preservasi lingkungan pantai,”

 

Kelima Aksi Nyata ini dilakukan di sepanjang September dan ditutup perayaan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022. Seluruh kegiatan mengikutsertakan 48 mahasiswa, 11 dosen, 3 staf unit Humaniora UKDW dan 2 lembaga mitra. “Aksi Nyata Bersih Pantai dan Tanam Pohon di Pantai Samas Bantul, MKH menggandeng ReIspirasi, sebuah komunitas yang melakukan preservasi lingkungan pantai,” ucap Dosen MKH UKDW Martha Lusiana SS MA.

 

Adapun 500 bibit pohon yang sudah ditanam terdiri atas pohon nyamplung, ketapang kencana, dan cemara udang. Kegiatan ini sejalan dengan capaian MKWK-BP yakni untuk menjadikan mahasiswa yang tanggap dan aktif untuk merawat alam sebagai penopang lingkungan hidup bermasyarakat. Selanjutnya Aksi Nyata Edukasi Kebhinekaan bekerja sama dengan Sumbu Pakarti, yayasan yang membuka ruang belajar organik bagi anak-anak.

 

Sementara itu Dosen MKH UKDW Hendra Sigalingging SS MHum menyebutkan Aksi Nyata yang keempat adalah Bersih Rumah Ibadah yang dilakukan di Klenteng Poncowinatan, Masjid Gedhe Mataram, Pura Jagadnatha, dan Vihara Karangdjati. Kegiatan ini memberi kesempatan untuk mahasiswa supaya bisa belajar memahami dan memraktikkan toleransi dengan kerja nyata.

 

Baca Juga ; Dosen Manajemen UMBY Laksanakan PkM di Kampung Sawah Durimanis

 

Terakhir Aksi Nyata Perayaan Sumpah Pemuda Lintasiman 28 Oktober 2022, bertepatan Hari Sumpah Pemuda di Kapel UKDW. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Aksi Nyata, yang bertujuan merefleksikan aksi nyata yang telah dilakukan. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor IV UKDW Pdt Handi Hadiwitanto PhD mengatakan spirit revolusi mental merupakan konsep abstrak, mengingat elemen mental yang ada di dalamnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

UKDW Wujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental Lewat Praktikum Lapangan    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: