Gelang Tracking Mahasiswa UKDW Lolos Pendanaan TBIG Youth Changemaker  

Gelang Tracking Mahasiswa UKDW Lolos Pendanaan TBIG Youth Changemaker  
Gelang Tracking Mahasiswa UKDW Lolos Pendanaan TBIG Youth Changemaker

Siarpedia.com, Yogyakarta – Inovasi pembuatan gelang tracking lokasi bagi siswa autis mengantarkan tim mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) lolos pendanaan program TBIG Youth Changemaker 2022. Program ini merupakan salah satu penerapan sustainable development goals (SDGs) , sekaligus corporate social responsibility PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

 

Tim mahasiswa SI UKDW Angkatan 2020 yang disebut sebagai Blaze Team terdiri dari Trifena Katrina, Agnes Monica Pramawati, Gracia Sonia Melinda, dan Tesalonika Theresia Dwijayanti Surbakti. Atas lolosnya pendanaan tersebut, Trifena Katrina selaku Ketua Tim ungkapan syukur dan terima kasih atas bimbingan dan dukungan dari Drs. Jong Jek Siang selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi UKDW sekaligus dosen pembimbing.

 

Lebih lanjut, Trifena mengatakan ide pembuatan gelang tercetus setelah melihat kondisi lingkungan SLB Negeri 1 Bantul yang luas, sehingga membuat guru kewalahan dalam pengawasan siswa ketika beraktivitas di luar ruangan. Berangkat dari permasalahan tersebut, Blaze Team membuat proyek berjudul “Pembuatan Gelang Actio sebagai Media Pemantau Aktivitas Siswa Autis di SLB Negeri 1 Bantul”.

 

Pembuatan gelang Actio ini selaras dengan SDGs-4 yakni pemerataan pendidikan berkualitas untuk semua orang dan selaras dengan SDGs-8 yakni diperolehnya pekerjaan layak bagi semua orang. Pembuatan gelang Actio juga bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan membangun semangat inovasi dan kolaborasi melalui penerapan proyek inovasi sosial yang berdampak bagi pengembangan masyarakat,”

 

“Pembuatan gelang Actio ini selaras dengan SDGs-4 yakni pemerataan pendidikan berkualitas untuk semua orang dan selaras dengan SDGs-8 yakni diperolehnya pekerjaan layak bagi semua orang. Pembuatan gelang Actio juga bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan membangun semangat inovasi dan kolaborasi melalui penerapan proyek inovasi sosial yang berdampak bagi pengembangan masyarakat,” tuturnya.

 

Baca Juga ; UKDW Gelar Summer Camp 2022 Bertajuk “Visual Ethnography”  

 

Selanjutnya, Blaze Team mengikuti rangkaian program pelaksanaan proyek yang diselenggarakan hingga tanggal 15 September 2022. Dalam pelaksanaannya, Blaze Team didampingi oleh seorang mentor dari pihak TBIG yang memberikan bimbingan dan masukan selama proyek berlangsung. Setelah itu, pada bulan Oktober nanti akan dilaksanakan project evaluation berupa presentasi akhir dan penilaian untuk proyek yang sudah dilaksanakan.  (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: