Ilustrasi, lele siap masak
Ilustrasi, lele siap masak

Siarpedia.com, Sleman – Budidaya lele merupakan salah satu jenis usaha yang dikembangkan di masyarakat. Pada umumnya pembudidaya lele saat ini masih bergantung pada pakan buatan pabrik, berupa pelet yang dijual di pasaran. Pakan lele yang dibuat harus memiliki kandungan protein yang cukup agar  dapat dimanfaatkan maksimal oleh tubuh ikan. Namun, harga jual pelet ikan di pasaran masih cukup mahal.

 

Hal ini yang membuat laba yang dihasilkan sedikit. Bagi usaha budidaya lele, pakan merupakan biaya pengeluaran terbesar, yaitu 70%. Keadaan ini memaksa pembudidaya untuk memanfaatkan sumber pakan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup ikan. Hal ini menjadi perhatian mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yaitu Dinda Restu Nabila, Siska Yulianti dan Faridatul Liana untuk meneliti pakan lele dari keong sawah dan enceng gondok.

 

“Tanaman eceng gondok mengandung bahan organik yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 11,2% sedangkan kandungan protein keong sawah 15%,”  

 

Menurut Dinda Restu Nabila, eceng gondok (Eichhornia crassipes) dan keong sawah (Pila ampullacea) memiliki kandungan protein tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan alami. “Tanaman eceng gondok mengandung bahan organik yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 11,2% sedangkan kandungan protein keong sawah 15%,” paparnya, Rabu, 20 Januari 2021.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan pakan ikan lele dari campuran keong sawah dan enceng gondok menjadi pelet. Selain itu, mengetahui efektivitas pemberian pakan ikan lele berkadar protein paling banyak dari campuran keong sawah dan enceng gondok terhadap pertumbuhan ikan lele (Clarias sp). Penelitian menunjukkan pemberian pelet enceng gondok dan keong sawah pada lele mengalami hasil yang baik..

 

“Pada mulanya benih berumur 1 minggu  dengan panjang 0,13 meter dan berat 0,15 kg, setelah 1 bulan pemberian pelet panjang lele bertambah 0,03 meter dan berat bertambah 0,04 kg. . Setelah 2 bulan panjangnya menjadi 0,28 meter dan berat 0,39 kg. Berdasarkan pertumbuhan ikan lele, ikan tumbuh dan berkembang dengan baik setelah beradaptasi dengan lingkungan selama seminggu,” kata Dinda Restu Nabila. .  (*)

 

Eceng Gondok dan Keong Jadi Pakan Lele
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *