Khairina Siregar
Khairina Siregar

Siarpedia.com, Bantul – Ilmu Psikologi Pendidikan Islam merupakan aplikasi psikologi dalam kegiatan pendidikan yang berupa pembelajaran dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai Islam dalam aplikasinya. Salah satu cara untuk menggali keilmuan psikologi pendidikan Islam adalah dengan mengkaji kembali secara mendalam berbagai kitab klasik karya ilmuwan-ilmuwan Muslim.

 

Salah satunya adalah kitab Ihya’ ‘Ulum al-Din karya Imam Al-Ghazali. Berdasarkan hal tersebut, Khairina Siregar, mahasiswa Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penelitian disertasinya dengan judul ‘Konsep Psikologis Pendidikan Islam Dalam Ihya ‘Ulum Al-Din Karya Al-Ghazali’.

 

“Tujuan dari penelitian kami adalah untuk mengetahui konsep psikologis pendidikan Islam dalam kitab Ihya’ ‘Ulum al-Din  karya Al-Ghazali dan analisisnya dengan teori-teori psikologi pendidikan modern. Selain itu juga untuk mengkontekstualisasikan penerapannya pada masa kini.” ujar Khairina, yang juga tercatat sebagai Dosen di UIN Sumatera Utara, berkaitan dengan ujian Sidang Terbuka Promosi Doktornya di UMY.

 

Dalam sidang promosi doktor yang diselenggara secara virtual daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Khairina mengungkapkan hasil penelitiannya menunjukkan konsep psikologis pendidikan Islam dalam kitab Ihya’ ‘Ulum al-Din memberi pengaruh pada dunia psikologi secara umum. Hal ini teruji melalui analisis teori modern, yakni behaviorisme, psikoanalisis, humanistik dn transpersonal.

 

“Konsep psikologis pendidikan Islam yang terdapat dalam kitab  Ihya’ ‘Ulum al-Din mengisyaratan keutuhan dan keseimbangan antara ilmu, pendidik dan peserta didik sebagai “ruh” potensial mengubah perilaku atau karakter seseorang,”

 

“Konsep psikologis pendidikan Islam yang terdapat dalam kitab  Ihya’ ‘Ulum al-Din mengisyaratan keutuhan dan keseimbangan antara ilmu, pendidik dan peserta didik sebagai “ruh” potensial mengubah perilaku atau karakter seseorang,” jelasnya, seraya mengatakan dalam penelitian disertasinya ini ia menggunakan  metode studi kepustakaan (library research).  (*)

 

Diteliti, Konsep Psikologis Pendidikan Islam dalam Ihya’ ‘Ulum Al-Din  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *