Mdia pembelajaran karya mahasiswa UNY.
Media pembelajaran karya mahasiswa UNY.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Matematika sering dianggap sulit, susah, dan membuat pusing. Padahal matematika sangat menyenangkan jika dipelajari sebagaimana mestinya. Matematika dipelajari pada setiap jenjang pendidikan, hal ini menunjukkan pentingnya matematika. Pada beberapa Sekolah Dasar (SD) masih ada siswa yang ketinggalan dalam materi perkalian dan pembagian, sehingga dibutuhkan media proses pembelajaran.

 

Pembelajaran yang ditekankan pada konsep-konsep matematika, yaitu penanaman konsep dasar dapat dilakukan dengan jembatan dengan menghubungkan kemampuan kognitif siswa secara konkret dengan konsep matematika abstrak, maka dalam kegiatan kegiatan pembelajaran konsep dasar ini, media atau alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk membantu kemampuan pola pikir siswa, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan.

 

Berawal dari keprihatinan ini sekelompok mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membantu guru kelas 2 SD untuk mengajarkan perkalian dan pembagian dengan menggunakan media perkalian dan pembagian dalam bentuk buah-buahan yang dinamakan ‘Media Andalan’. Mereka adalah Sri Maya Januar Siamti, Hani Widya Putri dan Ar-Royan Zainul Akbar.

 

Menurut Sri Maya Januar Siamti, media ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami konsep dasar perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika. Media Andalan merupakan media pembelajaran perkalian dan pembagian berbentuk permaian tazos yang dilengkapi kartu soal dan buku panduan guru. Terdapat dua jenis bentuk tazos yang dikemas dalam buah-buahan, yaitu buah semangka dan buah jeruk.

 

“Masing-masing jenis buah terdapat empat puluh keping tazos. Tazos dicetak menggunakan bahan mika, seperti bahan KTP/SIM atau sejenisnya. Setelah dicetak tazos dipotong dan dihaluskan agar media yang digunakan bersifat aman untuk anak. Selain itu, media Andalan ini juga dilengkapi kemasan yang dibuat dengan kain flannel dan dibentuk sesuai jenis tazos masing-masing,”

 

“Masing-masing jenis buah terdapat empat puluh keping tazos. Tazos dicetak menggunakan bahan mika, seperti bahan KTP/SIM atau sejenisnya. Setelah dicetak tazos dipotong dan dihaluskan agar media yang digunakan bersifat aman untuk anak. Selain itu, media Andalan ini juga dilengkapi kemasan yang dibuat dengan kain flannel dan dibentuk sesuai jenis tazos masing-masing,” paparnya, Kamis, 14 Mei 2020.  (*)

 

‘Media Andalan’, Media Pembelajaran Perkalian dan Pembagian  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *