Pembelajaran di TK Langkah Awal Menuju SD  

HumanioraEDU NewsLINE
Pembelajaran di luar kelas.
Salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas.

Siarpedia.com, Yogyakarta –  Peserta didik pada TK kelompok B terdiri dari anak berusia 5-6 tahun. Pada usia tersebut merupakan masa sensitif dalam menerima berbagai rangsangan. Bahkan, pada usia 4- 8 tahun, anak mengalami pertumbuhan sel jaringan otak sebesar 80%. Oleh karenanya, masa sensitif ini adalah masa yang tepat untuk memberikan berbagai rangsangan pendidikan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Dari perkembangan jasmani serta rohani, agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan selanjutnya, yaitu Sekolah Dasar (SD). Untuk itu, kesiapan belajar anak penting untuk disiapkan sejak usia TK, dan agar mencapai pembelajaran yang efektif, perlu upaya untuk menciptakan dan mengelola kelas yang menyenangkan bagi anak dalam melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.

 

“Inilah yang menjadi fokus penelitian kami dari mahasiswa program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yaitu Dian Utami, Anggi Prahastuti dan Khodijah. Mereka meneliti metode pengelolaan kelas di TK kelompok B sebagai persiapan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar,” ungkap Dian Utami, Minggu, 19 April 2020.

 

Menurutnya, anak dikatakan siap belajar di tingkat sekolah dasar dapat dilihat dari kematangan biologis anak sesuai umurnya. Selain kematangan biologis, kematangan sosial emosional juga sangat penting dimiliki anak. Hal yang menjadi pertanyaan utama untuk anak adalah bagaimana kondisi mereka saat hari pertama masuk SD. Sebagian anak ada yang menangis karena khawatir ditinggal orangtua, dan sebagian lain merasa tenang.

 

“Anak yang sebelumnya menempuh pendidikan di TK cenderung mempunyai rasa percaya diri matang. Adanya teman sebaya yang bersekolah di SD sama juga membantu peningkatan rasa percaya diri anak. Inilah pentingnya peran TK dalam mempersiapkan anak menuju SD. Pembelajaran di TK B, dengan usia 5-6 tahun, lebih menyiapkan anak untuk siap memasuki SD.  Sedangkan pembelajaran di usia 4-5 tahun (TK A) difokuskan pada pengenalan,”

 

“Anak yang sebelumnya menempuh pendidikan di TK mempunyai rasa percaya diri lebih matang. Adanya teman sebaya yang bersekolah di SD sama juga membantu peningkatan percaya diri. Inilah pentingnya TK dalam mempersiapkan anak menuju SD. Pembelajaran di TK B, dengan usia 5-6 tahun, lebih menyiapkan anak untuk siap memasuki SD. Sedangkan pembelajaran di usia 4-5 tahun (TK A) difokuskan pada pengenalan,” jelasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *